The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

5 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Pertama Kali ke Dokter Kandungan

author
Isna Triyono
Selasa, 28 Mei 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dua garis di test pack, itu tandanya kamu hamil.

Tapi untuk memastikannya, sebaiknya kamu segera kunjungi dokter. Selain diperiksa kehamilannya, kamu juga bisa mendapat banyak informasi dari dokter kandungan.

Saat pertama kali mengunjungi dokter kandungan, 5 hal ini sebaiknya harsu ditanyakan pada dokter kandungan.

1. Berapa Usia Kehamilan

Test pack hanya memberi info bahwa kamu positif hamil. Namun dokter bisa memastikannya lewat USG dan mengetahui usia kehamilan.

Baca juga: Sajian Lebaran yang Sebaiknya Dibatasi Asupannya Oleh Ibu Hamil

2. Kapan Perkiraan Lahir

Mungkin kamu berpikir terlalu dini menanyakan hari perkiraan lahir. Tapi percayalah, pertanyaan ini juga bisa memuaskan rasa penasaranmu kapan bisa bertemu calon anakmu. Kamu pun mulai bisa menyiapkan segalanya menyambut si kecil.

3. Perlukah Melakukan Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium di awal kehamilan untuk mengetahui status kesehatan ibu hamil. Pemeriksaan ini biasanya meliputi hepatitis, HIV, toksoplasma, rubella, dan herpes.

Baca juga: Sebelum Bayi Lahir, Ini Cara Menyiapkan Menyusui

SHUTTERSTOCK |

4. Perlukan Minum Vitamin

Vitamin yang biasanya wajib diminum ibu hamil adalah asam folat yang berguna untuk mencegah bayi lahir cacat bawaan. Kamu bisa tanyakan apakah ada vitamin lain yang perlu diminum untuk menunjang kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

5. Gejala yang Kamu Alami

Ceritakan tentang gejala-gejala apa aja yang kamu alami di awal kehamilan ini, misalnya pusing, mual-mual, lemas, atau perut kram. Kemudian tanyakan pada dokter apakah gejala tadi termasuk wajar atau perlu dikhawatirkan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono