Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

7 Obat Rumahan Yang Bisa Ditemukan di Dapur

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 11 Juni 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Pergi ke dokter adalah pilihan utama ketika kita merasa ada yang tak beres dengan tubuh kita. Tetapi beberapa gangguan kesehatan bisa kita atasi dengan makanan atau bumbu yang ada di dapur, sebelum ke dokter tentunya.

 

1. Cuka

Dalam beberapa kasus, cuka bisa mencegah luka bakar kecil supaya tidak melebar. Namun, jika luka bakar terlalu lebar atau dalam, langkah terbaik adalah berobat ke dokter.

2. Kantong teh

Kandungan tanin dan kafein pada teh ternyata bisa membantu mengurangi pembengkakan dan inflamasi. Tak cuma itu, jika mata terasa mengganjal dan tak bisa dibuka ketika bangun tidur, minta orang di rumah untuk merendam teh celup. Biarkan teh celup dingin lalu tempelkan ke mata. Di musim kemarau atau musim panas, teh celup yang sudah direndam juga bisa mengurangi sunburn.

| SHUTTERSTOCK
3. Avokad

Vitamin C dan E serta karotenoid (yang berfungsi sebagai antioksidan) pada avokad membantu mengurangi ruam merah dan inflamasi. Untuk membersihkan wajah, ambil avokad dan gunakan sebagai masker muka selama sekitar 30 menit.

4. Pepaya

Jika teh tak membantu mengatasi keluhan di perut, coba konsumsi pepaya sebagai hidangan penutup. Kandungan enzim dan papain terbukti mampu mengatasi kembung, penumpukan gas, dan rasa tak nyaman di perut.

 5. Lavender

Cahaya lavender terbukti mampu mengurangi kecemasan, sementara aromanya bisa membantu mengurangi otot-otot yang tegang atau kaku. Pijatan dengan minyak lavender sebelum tidur juga akan membuat tidur lebih nyenyak.

| SHUTTERSTOCK
6. Oat

Selain baik untuk diet, oat juga menjaga dan membersihkan kulit serta jerawat. Siapkan oat plain dengan air panas, biarkan dingin lalu oleskan ke kulit. Biarkan selama beberapa saat. Selain itu, oat juga melindungi kulit dari terbakar sinar matahari, gigitan nyamuk, dan reaksi alergi.

7. Bawang putih

Selain memiliki manfaat sebagai antimikrobial, bawang putih juga membantu mencegah flu atau meredakan gejalanya. Komponen kunci yang terkandung di dalam bawang putih adalah allicin, yang membantu membunuh bakteri dan virus.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro