There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Kembali Bugar Usai Mudik, Jangan Langsung Timbang Berat Badan

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 9 Juni 2019 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Lebaran sudah usai. Kini saatnya mengembalikan kondisi tubuh setelah melakukan perjalanan mudik, menikmati beragam kuliner, dan kurang istirahat.

Sudahkah kamu menimbang berat badan setelah Lebaran usai? Sebaiknya jangan buru-buru, ikuti lebih dulu tips di bawah ini untuk mengembalikan kondisi badan dan kembali bugar.

1. Jus dan smoothie

Dua minuman ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk konsumsi sehari-hari sekalipun. Smoothies dan jus memberi tubuh nutrisi yang sangat baik untuk mengembalikan energi yang terkuras. Selain itu, juga akan membuat perut terasa kenyang sehingga membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

2. Kembalikan kerja pencernaan

Mengembalikan kondisi pencernaan usai liburan panjang sangat penting. Untuk itu, dibutuhkan asupan serat yang cukup, yang bisa kita peroleh antara lain dari oat, chia, beri-berian, kacang-kacangan, dan lainnya. Agar makanan mudah dan lancar dicerna, konsumsi juga gandum dan sayuran.

3. Cukupi cairan

Meski terdengar remeh, asupan cukup cairan juga sangat penting untuk membuang racun dari tubuh dan memperlancar kerja organ-organ tubuh. Hampir 60% berat badan manusia adalah cairan. Itu sebab, cairan sangat penting agar terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: Agar Tulang Tak Cepat Keropos, Lakukan 4 Langkah Ini

4. Kembali makan teratur

Ketika berada di kampung halaman, orang-orang biasanya melupakan jadwal waktu makan. Misalnya makan malam terlambat atau melewatkan sarapan. Sebaiknya, atur kembali jadwal makan seperti semula untuk menjaga keseimbangan fungsi tubuh dan menghindari gangguan metabolisme tubuh.

5. Bayar hutang tidur

Lebaran di kampung halaman biasanya diisi banyak aktivitas, mulai dari silaturahim, jalan-jalan, hingga berburu kuliner. Nyaris hanya sedikit waktu untuk beristirahat. Jadi, setelah Lebaran dan kembali ke rumah, sebaiknya bayar hutang tidur dan istirahat untuk memulihkan tenaga dan fungsi tubuh.

6. Jangan langsung timbang badan

Biasanya, kita penasaran berapa banyak berat badan bertambah usai Lebaran. Tak heran, pasalnya mudik tak bisa lepas dari acara makan-makan. Tetapi, sebaiknya jangan langsung menimbang berat tubuh begitu tiba kembali di rumah. Lakukan tips 1-5 lebih dulu selama seminggu misalnya, baru timbang berat badan. Selain membuat kita merasa lebih baik (karena berat badan mestinya sudah turun), tubuh juga akan terasa lebih bugar.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro