I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Agar Tulang Tak Cepat Keropos, Lakukan 4 Langkah Ini

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 30 Mei 2019 | 16:49 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjaga kesehatan tulang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika tidak, tulang akan keropos sebelum waktunya.

Tulang sesungguhnya adalah jaringan yang tumbuh dan hidup. Ia akan memperbaiki diri, tapi juga akan menua dan lemah. Menurut International Osteoporosis Foundation, osteoporosis adalah penyakit dimana kerusakan tulang terjadi lebih cepat ketimbang proses memperbaiki dirinya.

Semakin bertambah usia kita, tulang sebetulnya juga akan semakin keropos sehingga dengan sedikit kesalahan gerak atau posisi saja bisa membuatnya cedera. Tetapi, orang muda biasanya belum atau tidak begitu memperhatikan kesehatan tulang mereka.

Pada sebagian besar orang, puncak pertumbuhan massa tulang terjadi pada usia 20-an. Tetapi, banyak orang muda 20 tahunan yang abai pada kesehatan tulang mereka. Padahal, dengan sedikit kemauan dan pengetahuan, mereka sebetulnya bisa menjaga tulang supaya tetap solid dan kuat. Caranya, simak 4 tisp di bawah ini.

Baca juga: Yuk, Hitung Asupan Kalori Saat Lebaran

1. Berjemur demi Vitamin D

Selain kalsium, Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Pada dasarnya, tubuh butuh Vitamin D untuk memproses asupan kalsium. Selain dari beberapa jenis makanan dan suplemen, Vitamin D juga bisa diperoleh dari sinar matahari pagi. Sinar matahari lebih efektif mensuplai Vitamin D.

Tentu, tidak baik juga berlama-lama berada di bawah sinar matahari. Cukup 10-15 menit berjemur setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D alami.

2. Konsumsi sayuran hijau

Bayam, brokoli, dan kale akan meningkatkan kadar kalsium secara signifikan. Kalsium sendiri merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Tanpa kalsium, tulang kita tidak memiliki komposisi mineral yang tepat untuk mempertahankan massanya.

“Tubuh kita butuh sekitar 1000mg kalsium setiap hari supaya saraf-saraf, otak, dan otot-otot berfungsi baik,” kata ahli bedah tulang Dr. Victor Romano kepada Bustle. “Jika asupan kalsium kita kurang, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang-tulang sehingga membuat tulang menjadi lemah,” tambahnya.

| SHUTTERSTOCK
3. Hindari alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga mengganggu kesehatan tulang. Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Men’s Health melaporkan bahwa minum alkohol dalam jumlah yang melebihi takaran bisa mengganggu proses penyerapan kalsium oleh tubuh. Akibatnya, kesehatan tulang pun akan tergerus dan tulang akan lebih cepat keropos.

4. Naik turun tangga lebih bagus

Latihan atau olahraga beban tak hanya meningkatkan kekuatan otot, tetapi juga memperkuat tulang. Tak harus mengangkat barbel, mengangkat belanjaan dari pintu supermarket ke mobil pun tak jauh berbeda fungsinya dengan angkat beban.

Dr. Andrea Singer, Direktur Klinis National Osteoporosis Foundation menyarankan orang-orang usia 20 tahunan untuk mencari alternatif latihan atau aktivitas yang sesuai untuk menjaga kesehatan tulang mereka. Banyak hal bisa dijadikan latihan, misalnya lebih baik berjalan daripada naik kendaraan, naik-turun tangga ketimbang naik lift, parkir jauh-jauh dari pintu masuk mal atau kantor, dan sebagainya.

“Pilih aktivitas yang kamu sukai, jalan, joging, dancing, hiking, aerobik, dan lakukan secara rutin,” lanjut Andrea. Ingat, saat sekarang mungkin kita masih merasa kuat dan tak punya keluhan, tetapi tanpa latihan dan gaya hidup yang tepat, masalah tulang pasti akan mengganggu, 10-20 tahun mendatang.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro