To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Bukan Cuma Dikunci, Pastikan Kondisi Rumah Sebelum Mudik

author
Isna Triyono
Selasa, 28 Mei 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat ditinggal mudik Lebaran, rumah yang kosong sangat riskan jadi korban pencurian.

Terkadang, karena terlalu bersemangat untuk mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman, kita kurang teliti saat meninfgalkan rumah.

Padahal musim mudik seperti ini, pencuri spesialis rumah kosong banyak berkeliaran.

Nah, supaya rumahmu aman selama ditinggal mudik, coba tips berikut ini.

1. Simpan Barang Berharga

Barang berharga seperti emas, perhiasan, jam tangan, kamera, serifikat atau surat berharga sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terpikirkan untuk menyimpan benda berharga.

Misalnya kamu bisa simpan rak dapur, di bawah karpet, atau di tempat-tempat yang pencuri pikir tidak akan mencari barang berharga di sana.

Baca juga: 5 Barang yang Bikin Ruang Tamu Makin Cantik Saat Lebaran

2. Nyalakan Lampu Ruang Tamu

Biasanya pemilik rumah kosong akan menyalahkan lampu di teras atau garasi. Saat siang hari, lampu yang menyalah ini bisa dilihat oleh pencuri dan ditandai sebagai rumah kosong.

Sebaliknya, jika lampu ruang tamu yang dinyalahkan, ketika siang hari cahaya lampu tidak terlihat dari luar rumah. Tapi saat malam hari, ruang tamu tampak menyala seperti ada orang di sana.

SHUTTERSTOCK |

3. Lepas Colokan Listrik

Segala peralatan listri sebaiknya dimatikan. Jangan lupa juga untuk melepas semua colokan yang terhubung pada steker. Ini berguna agar selama ditinggal, risiko konsleting tidak terjadi.

4. Lepas Selang Gas

Selang gas juga sebaiknya dilepas untuk rumah yang ditinggal lama. Kondisi selang gas yang dilepas dari tabungnya meminimalkan risiko kebocoran gas dan terjadinya kebakaran.

5. Titip Tetangga atau Petugas RT

Jangan sungkan untuk minta bantuan tetangga mengawasi rumah selama kamu mudik. Kabarkan juga pada petugas RT agar bisa membantu mengawasi rumah.

Baca juga: 8 Tips Dandani Rumah Sambut Lebaran

6. Batasi Posting Di Media Sosial

Terkadang tanpa disadari ketika kita posting foto-foto selama mudik di media sosial, bisa jadi boomerang. Postingan tadi bisa memberi info pada oknum bahwa rumah kita ditinggal seluruh anggota keluarga dan dalam keadaan kosong.

SHUTTERSTOCK |

7. Double Check Kunci Pintu dan Pagar

Mengunci semua akses masuk ke rumah itu sangat penting. Bila perlu pastikan double check kunci pintu dan pagar. Pastikan juga kamu menggunakan gembok yang sulit untuk dibobol.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono