Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Tips Mudik yang Aman dan Nyaman

author
Isna Triyono
Selasa, 28 Mei 2019 | 10:07 WIB
SHUTTERSTOCK |

Mudik sudah seperti tradisi yang enggak bisa dilepaskan dari Lebaran.

Kendaraan pribadi pun seperti masih menjadi pilihan utama untuk mudik. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, mudik dengan kendaraan pribadi jauh lebih nyaman dan hemat.

Bagi kamu yang berencana mudik dengan kendaraan, sebaiknya lakukan persiapan matang sebelum mudik. Berikut A-Z yang harus kamu siapkan.

1. Kesehatan

Mudik dengan perjalanan jauh pasti akan sangat melelahkan. Karena itu, siapkan stamina, misalnya dengan minum vitamin atau olahraga ringan namun rutin seperti jalan pagi. Pastikan kondisi kesehatan seluruh keluarga benar-benar fit.

Baca juga: Anti Bosan Saat Mudik Lewat Jalur Darat

2. Persiapan Mental

Mudik selain melelahkan secara fisik, juga secara mental. Kamu pun harus menyiapkan mental misalnya akan menghadapi kondisi jalanan yang mungkin macet, antre di rest area, atau dibutuhkan kesabaran untuk menghadapi segala yang terjadi di perjalanan. Ingat, semua keluh kesah akan hilang begitu bertemu sanak keluarga di kampung halaman.

SHUTTERSTOCK |

3. Cek Kondisi Kendaraan

Cek kondisi kendaraan ini adalah hal wajib. Bawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa secara keseluruhan mulai dari AC, radioator, rem, dan lain-lain. Ini berguna agar perjalanan kamu aman dan nyaman.

4. Packing Jauh-Jauh Hari

Jika packing mepet atau sudah mendekati hari keberangkat, biasanya kamu jadi kurang teliti dan membuat ada aja barang yang tertinggal.

SHUTTERSTOCK |

5. Kotak P3K

Pastikan kotak P3K ada di dalam mobil. Selain itu jangan lupa bawa obat-obatan lain seperti sakit kepala, demam, flu, diare, minyak kayu putih, dan sakit mag.

6. Isi Uang Elektronik

Membayar tol dengan uang elektronik biasanya akan lebih cepat dan praktis. Namun pastikan saldonya cukup hingga tempat tujuan ya.

Baca juga: Anti Batal, Ini 5 Tips Traveling Saat Puasa

7. Bekal Minum, Makanan dan Snack

Meski di jalan banyak rest area, enggak ada salahnya membawa minum dan bekal dari rumah. Jangan lupa juga membawa snack. Pilih snack sehat dan mengenyangkan.

8. Power Bank

Selama perjalanan, gadget sangat membantumu, mulai dari mencari info rute, kemacetan, hingga untuk memberi kabar pada keluarga lain. Semua itu memerlukan baterai yang terisi. Jadi pastikan bawa power bank.

SHUTTERSTOCK |

9. Aplikasi Peta Digital

Aplikasi peta digital ini sangat membantu sebagai penunjuk arah. Meski sepanjang perjalanan nanti bakal banyak penunjuk arah, tapi aplikasi peta digital ini juga bisa memberikan alternative jalan yang lebih cepat dilalui.

10. Uang Tunai dan Receh

Selama perjalanan mudik, mungkin enggak selalu mudha menjumpai ATM. Jadi sebaiknya siapkan uang tunai dan receh. Uang kecil diperlukan untuk membayar parkir atau toilet.

11. Pastikan Kondisi Rumah Aman

Selama ditinggal mudik, pastikan kondisi rumah aman, misalnya semua alat elektronik dicabut, selang gas juga dicabut, dan mengunci semua pintu dan pagar. Bila perlu lapor pada petugas RT bahwa kamu akan mudik.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono