What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

6 Rahasia Pasangan Yang Sering Tak Kita Ketahui

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 20 Juni 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Manusia adalah pribadi yang sangat kompleks sehingga bukan tdak mungkin kita tak mengetahui detail kehidupan orang lain, pasangan kita sekalipun. Apalagi, “Banyak orang yang tak mau kehidupannya diketahui orang lain,” kata Dr. Jeff Nalin, PsyD, psikolog klinis dan pendiri Paradigm Malibu Treatment Center kepada Bustle. Berikut rahasia pasangan yang tak kita ketahui.

 

1. Trauma masa lalu

Tak sedikit orang yang mengalami trauma dan memilih tidak menceritakannya pada pasangan. Bisa saja trauma itu bisa terlihat oleh orang lain, tetapi membicarakannya adalah masalah lain. Ada orang yang memilih menyimpan trauma yang pernah ia alami bagi dirinya sendiri, ada yang mengungkapkannya kepada orang lain. Alasannya antara lain karena trauma itu sangat menyakitkan untuk diingat-ingat kembali atau karena ia tak mau disalahkan jika ia mengungkapkannya ke orang lain, khususnya ke pasangan.

2. Ketakutan atau fobia

Sebagian orang tak keberatan membicarakan ketakutan-ketakutan atau fobia kepada orang lain, sementara sebagian lain memilih menyimpannya rapat-rapat, termasuk dari pasangan. Ketakutan yang tidak diungkapkan ini biasanya berkaitan dengan ketakutan pribadi.

Baca juga: 5 Alasan Menikahi Sahabat Itu Ternyata Positif

3. Kesehatan mental

Kesehatan mental masih menjadi stigma yang tak ingin diungkap banyak orang. Bisa juga pasangan sendiri tak sadar bahwa ia menderita gangguan mental sehingga tak bisa menceritakannya pada orang lain, karena merupakan hal yang sangat pribadi dan kompleks. Sebaiknya tak perlu memaksa pasangan menceritakannya sampai ia merasa siap.

4. Perasaan terhadap keluarga pasangan

Pandangan dan perasaan terhadap keluarga pasangan seringkali tak diungkapkan karena bisa menyakiti atau menyinggung perasaannya. Apalagi jika yang muncul adalah perasaan tak suka terhadap salah satu anggota keluarga pasangan. Langkah paling tepat adalah menjalin komunikasi yang baik dan terbuka kepada pasangan dan keluarganya.

| SHUTTERSTOCK
 5. Mantan pacar 

Bercerita tentang kisah cinta masa lalu bisa menjadi topik yang tabu dibicarakan antar pasangan, meskipun tak sedikit orang yang terbuka dan tak sungkan menceritakan mantan-mantan pacarnya. Yang dibutuhkan adalah sikap saling menghormati dan memahami seandainya pasangan lebih memilih menutup rapat-rapat rahasia percintaannya di masa lalu.

6. Kebiasaan berbelanja

Urusan keuangan bukan soal sepele dalam sebuah hubungan dan sebaiknya dibicarakan secara terbuka. Akan tetapi, tak sedikit orang yang tak mengetahui kebiasaan berbelanja pasangannya. Jika masing-masing pihak bisa memahami dan tidak masalah dengan kebiasaan pengeluaran uanganya, sebaiknya bicarakan setiap akhir bulan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro