A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Vitamin Esensial Ini Bikin Kulit Sehat dan Bercahaya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 20 Juni 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kulit kamu adalah refleksi apa yang kamu konsumsi. Lima jenis vitamin ini bemanfaat bikin kulit sehat dan bercahaya. Sertakan dalam rutinitas beauty kamu, yuk!

 

Vitamin C

MENJAGA LEVEL ANTIOKSIDAN TUBUH

Vitamin ini biasanya ditemukan pada lapisan terluar kulit (epidermis) dan lapisan dalam kulit (Dermis). Vitamin C memiliki peran penting dalam merawat kesehatan kulit dan pembentukan kolagen yang menjaga elastisitas kulit.

Vitamin C juga melindungi kulit dari eksposur sinar matahari, menjaga level antioksidan dalam tubuh, serta melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Vitamin C diserap kulit melalui peredaran darah sehingga efeknya kulit lebih sehat dan terhidrasi.

Sumber vitamin C yang baik untuk kulit ada pada red pepper, jambu merah, stroberi, brokoli, papaya, grapefruit, kembang kol, kale. Jika kamu ingin memakai vitamin C topical, pilih krim atau pelembap yang mengandung vitamin C

 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini 5 Cara Tepat Memakai Serum Vitamin C

 

Vitamin A

MENCEGAH TANDA PENUAAN DAN JERAWAT

Biasanya orang memakai retinol untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Ternyata retinol merupakan salah satu bentuk turunan vitamin A. Fungsi vitamin A adalah mengurangi garis-garis halus dan keriput, meningkatkan produksi kolagen, serta mencegah jerawat.

Temukan vitamin A tinggi pada ubi, butternut, bayam, kuning telur, wortel, seafood, bell peppers, minyak ikan cod, tomat.

 

Vitamin E

MENCEGAH KULIT KEKERINGAN

Vitamin E mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, seperti bintik hitam. Selain itu menjaga kulit dari kekeringan dan peradangan.

Konsumsi almond, bayam, kale, hazelnut, avokad, papaya, zaitun serta brokoli yang kaya vitamin E. Untuk menggunaan vitamin E kapsul, rutin konsumsi setiap hari. Atau kamu bisa memijat area wajah memakai campuran minyak 3 kapsul vitamin E dan 1 sendok makan minyak zaitun.

 

Baca juga: Vitamin E Bikin Subur, Ini 5 Manfaat Lainnya

 

Vitamin B3

MELINDUNGI KULIT DARI SINAR MATAHARI DAN PIGMENTASI

Sinar matahari pagi bagus untuk dosis harian vitamin D kamu. Tetapi paparan sinar matahari yang berlebih di siang hari menimbulkan problem kulit, seperti pigmentasi, garis-garis halus, noda hitam, bahkan kanker kulit.

Gunakan vitamin B3 atau niacinamide untuk melidungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi risiko hiperpigmentasi, memperlambat proses penuaan kulit, serta meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

Vitamin B3 ada pada jamur, tuna, kalkun, biji bunga matahari, avokad, hati, kacang tanah, dada ayam. Kamu bisa membeli bubuk niacinamide dan mencampurnya dengan krim pelembap. Ingat ya, niacinamide larut dalam air sehingga sebaiknya kamu memakai pelembap yang water-based.

 

Vitamin K

MENGATASI NODA HITAM DAN BEKAS LUKA YANG SULIT HILANG

Vitamin K membantu mengatasi kulit yang luka, memar, bahkan stretch mark. Selain itu vitamin K bisa mengatasi keriput dan lingkaran hitam. Studi menunjukkan, aplikasi krim mata yang mengandung 2% vitamin K, retinol, vitamin C dan E mengurangi kantung mata dan kerutan.

Kol, brokoli, letus, kale, selada romain, parsley, kembang kol serta aneka serealia mengandung vitamin K tinggi.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi