For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

4 Hal Yang Membuat Kita Lebih Sehat

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 21 Juni 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Studi yang dipublikasikan jurnal Social Science and Medicine tahun 2012 menunjukkan data bahwa dukungan dari orang lain merupakan salah satu kunci hidup sehat dan bahagia.

 

1. Pelukan melawan stres

Pernah kepikiran enggak, kenapa ketika kita dipeluk saat sedih, hati kita merasa nyaman? Kontak fisik seperti pelukan dari orang yang dekat dan peduli pada kita akan melepas hormon oksitoksin (disebut juga hormon cinta) ke dalam pembuluh darah dan melawan stres. Riset tahun 2003 yang dimuat di jurnal Biological Psychiatry menunjukkan lepasnya oksitoksin yang disertai kehadiran orang dekat akan membantu menekan stres.

2. Dukungan saudara kandung hindari overweight

Hasil survei tahun 2014 yang dilakukan Purdue University and Penn State melaporkan bahwa dukungan dari saudara kandung berperan meningkatkan kesehatan seseorang. Mereka yang memiliki hubungan dekat dengan saudara kandung terbukti lebih sering makan makanan bernutrisi dibandingkan yang lain. Sebaliknya, seseorang yang sering ribut dengan saudaranya cenderung mengalami overweight. Ini karena stres yang muncul akibat hubungan yang tak baik membuat pengendalian diri menjadi berkurang, salah satunya dengan makan berlebih.

Baca juga: Hati-Hati Jika Tekanan Darah Selalu Naik di Ruang Praktek Dokter

3. Ngeblog baik bagi ibu baru

Media sosial yang digunakan secara tepat bisa membantu melawan bay blues yang dialami ibu baru. Riset tahun 2012 oleh Penn State menunjukkan bahwa ibu baru yang menghabiskan 3 jam setiap hari berinternet, salah staunya untuk ngeblog, ternyata lebih sehat dan lebih bahagia. Ngeblog membuat mereka merasa lebih terhubung dengan keluarga dan teman-teman mereka. Ini juga akan mengurangi konflik dengan suami, stres karena menjadi orangtua baru, serta membantu meredakan depresi.

4. Bintang peliharaan bikin panjang umur

Binatang peliharaan terbukti mampu membuat pemiliknya bahagia dan sehat. Riset baru menunjukkan bahwa binatang peliharaan membantu pemiliknya lebih cepat dari pulih dari sakit dan membuat panjang umur. Prof. Allen McConnell, psikolog dari Miami University, menemukan bahwa pemilik binatang peliharan lebih percaya diri, memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain dan lebih sering berolahraga

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro