Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Hati-hati, 8 Hal Ini Pertanda Kamu Kecanduan Belanja

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 13 Juni 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Perempuan mana yang tak suka berbelanja? Tetapi, berbelanja ternyata juga bisa menjadi candu. Ini ciri-ciri seseorang sudah kecanduan berbelanja.

 

1. Berbelanja jadi penghilang stres

Banyak sekali cara atau terapi untuk mengurangi atau meredakan stres. Tetapi jika pilihan “terapi” untuk stres yang kamu lakukan adalah dengan berbelanja, sangat mungkin kamu sudah kecanduan berbelanja.

2. Berbelanja secara impulsif

Perilaku impulsif adalah dorongan untuk melakukan sebuah tindakan tanpa memperhitungkan konsekuensinya lebih dulu. Nah, berbelanja secara impulsif sangat berbahaya karena itu berarti kamu sudah kehilangan kendali diri. Jika ini terjadi berulang kali dan susah dikendalikan, artinya kamu sudah dikendalikan oleh nafsu impulsif untuk selalu berbelanja.

3. Berbelanja melebihi budget

Anggaran berbelanja yang benar seharusnya tidak sampai membuat kondisi keuangan berantakan. Jadi, jika kamu sering sekali berbelanja melebihi budget, saatnya untuk menelaah apakah kamu sudah menjadi seorang pecandu belanja?

4. Mood berubah ketika tak bisa berbelanja

Seseorang yang sudah kecanduan berbelanja akan sering mengalami perubahan mood ketika tak bisa berbelanja, entah itu karena kehabisan uang atau karena kesibukan. Yang terjadi adalah rasa kesal, cemas atau frustrasi ketika tak ada lagi tentengan belanjaan di tangan.

Baca juga: Awas, 5 Zodiac Ini Doyan Banget Belanja

5. Marah ketika disinggung soal hobi berbelanja

Jika kamu justru merasa kesal dan marah ketika mendapat masukan atau kritik positif mengenai hobi berbelanja dari orang-orang di sekitarmu, rasanya tanda-tanda bahwa kamu mempunyai kebiasaan buruk dalam hal berbelanja benar adanya.

6. Membeli benda yang sama berulang-ulang

Banyak pecandu belanja yang tak sadar bahwa barang-barang yang mereka beli ternyata sama atau mirip dengan barang-barang yang pernah mereka beli sebelumnya. Bedanya paling hanya merek atau modelnya saja. Misalnya, punya 5 celana yang modelnya sama, memiliki 4 seterika serupa, dan sebagainya.

7. Barang belanjaan tak pernah dipakai

Jika kamu memiliki koleksi barang-barang tanpa pernah memakai atau menggunakannya, sangat mungkin kamu seorang pecandu belanja yang hobi membeli barang-barang yang sebetulnya tak dibutuhkan. Coba cek lemari penyimpaan atau gudang, apakah masih ada baju atau barang-barang yang label harganya pun belum dilepas? Jika ya, berarti kamu seorang pecandu belanja.

8. Adrenalin terpacu ketika berbelanja

Siapa pun pasti suka memiliki barang baru, apalagi jika barang itu memang sudah lama diidam-idamkan. Tetapi jika kamu merasa sangat bersemangat begitu memasuki mal atau supermarket, boleh jadi kamu sudah kecanduan belanja.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro