Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

Perempuan Ini Rela Donorkan Ginjalnya Untuk Sang Ayah Angkat

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 7 Juli 2019 | 12:00 WIB
| Courtesy DeLauren McKnight

DeLauren McKnight rela mendonorkan sebelah ginjalnya demi nyawa sang ayah angkat. Perempuan 27 tahun ini merasa berhutang budi pada pria yang telah mengadopsinya 27 tahun silam.

 

DeLauren McKnight (27) memilih mendonasikan sebelah ginjalnya kepada Billy Houze (64), pria yang mengadopsinya ketika DeLauren masih kecil. DeLauren membuat keputusan besar ini setelah hasil tes menunjukkan ginjalnya cocok untuk prosedur transplantasi ginjal ke Billy.

Billy menirukan kalimat putrinya saat memutuskan mendonorkan ginjalnya. “Katanya, ‘Dad, kamulah yang menyelamatkanku ketika aku kecil, kini saatnya aku membalas budi. Saya sungguh bangga padanya,” ujar Billy, seorang pastor dan ayah dari 5 anak asal North Caroline, AS.

| Courtesy DeLauren McKnight
Ginjal Billy mulai bermasalah tahun 2016 lalu seusai dia menjalani operasi kantung empedu. Dokter memvonis Billy hanya bisa bertahan 5 tahun jika tak segera mendapat ginjal pengganti. Dokter juga mengatakan bahwa Billy sudah berada dalam antrean untuk mendapatkan donor ginjal, tetapi kemungkinan baru bisa memperoleh pendonor 7 tahun kemudian.

Anak-anak Billy kemudian menjalani pemeriksaan untuk mencocokkan ginjal mereka dengan ginjal sang ayah, tetapi tak ada yang cocok. Sampai akhirnya, pada 1 Februari 2019 lalu, DeLauren, yang diadopsi pasangan Billy dan Karen tahun 1992, mengajukan diri untuk menjalani pemeriksaan.

Baca juga: Greta Thunberg, Pahlawan Kampanye Perubahan Iklim Berusia 16 Tahun

Ternyata hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan ginjal DeLauren cocok dengan Billy. “Padahal aku tak pernah mengira bakal cocok, soalnya aku, kan hanya anak adopsi,” kata DeLauren. “Aku mendapat telepon dari lab ketika berada di kantor. Dan orang pertama yang kuberi tahu adalah ayah. Aku bilang, “Dad, aku harus mengatakan sesuatu. Aku bisa jadi pendonor,” ujar DeLauren.

| DeLauren bersama ayah dan ibu angkatnya | Courtesy DeLauren McKnight
DeLauren menceritakan reaksi sang ayah yang tak percaya ia bakal melakukan tindakan itu. “Nak, kamu sudah gila?” Tapi DeLauren menjawab, “Tidak, aku jujur, hasil lab ginjalku cocok buat Daddy,” Billy tak bisa berkata-kata lagi dan menangis. Ia sangat emosional dan terharu melihat tekad putri adopsinya itu.

McKnight dan Houze dijadwalkan menjalani operasi beberapa minggu kemudian. DeLauren sangat bahagia bisa menyelamatkan nyawa sang ayah. "Selama ini, aku menganggap dia sebagai Superman-ku," kata DeLauren. "Tanpa dia dan ibu, aku tak mungkin bisa menjadi seperti sekarang. Tidak ada apa pun di dunia ini yang tak akan kuberikan kepada ayah agar dia bisa menikmati hidup," kata DeLauren lagi. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro