When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Kurangi 'Drama' Urusan Toilet Saat Traveling, 7 Benda Ini Wajib Dibawa

author
Isna Triyono
Jumat, 12 Juli 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bagi traveller, salah satu yang cukup membuat kesal saat traveling adalah urusan ke toilet.

Pasalnya, enggak semua tempat wisata atau kota-kota di dalam dan di luar negeri menyediakan toilet yang banyak dan juga nyaman.

Padahal, pergi ke toilet adalah hal yang pasti selalu dilakukan oleh semua orang, apalagi perempuan.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat traveling untuk mengatasi keribetan untuk urusan ke kamar kecil, terutama untuk perempuan.

Baca juga: Catat! Ini 81 Negara Bebas Visa Untuk Paspor Indonesia

1. Pocket Tissue

Pastikan kamu selalu mengantongi tissue di saku, bukan di tas. Pocket tisu bisa mengurangi ‘drama’ urusan pergi ke toilet ini. Karena meski toilet umum ada yang menyediakan tisu, namun punya tisu cadangan di kantong bisa membuatmu lebih nyaman.

2. Aplikasi Pencari Toilet Umum

Bukan cuma ojek, tiket pesawat, atau hotel, yang bisa dicari lewat aplikasi. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan informasi mengenai letak toilet umum, seperti Flush Toilet Finder, Sit or Squat, atau Google Map.

Sebelum traveling, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi pencari toilet umum tadi untuk memudahkan urusan pergi ke kamar kecil.

SHUTTERSTOCK |

3. Masker

Masker sangat berguna, bukan Cuma untuk menghalau debu tapi juga saat pergi ke toilet. Kamu tentu enggak mau mencium bau tak sedap toilet, kan? Nah salah satu solusinya adalah menggunakan masker sebelum masuk ke toilet.

4. Hand Sanitizer

Sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan diri, terutama setelah ke toilet. Pastikan kamu selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan kamu.

Baca juga: Nggak Usah ke Maldives, Ini Villa Terapung di Indonesia

5. Botol Minum

Salah satu yang membuat kesal, saat sudah menemukan toilet, alat flush-nya tidak berfungsi atau tidak ada gayung. Di saat seperti itu, kamu membutuhkan botol minum yang bisa kamu gunakan dalam kondisi darurat.

SHUTTERSTOCK |

6. Sedia Recehan

Banyak toilet umum meminta kamu untuk menyemplungkan uang receh ketika selesai menggunakannya. Agar tidak kebingungan mencari-cari, sebaiknya selalu sediakan uang receh khusus untuk toilet umum pada dompet khusus.

7. Syal

Bukan cuma untuk tampil lebih stylish, syal juga bisa menjadi penolong kamu saat mendapat toilet yang tidak tertutup rapi. Kamu bisa menggunakannya untuk menutupi saat kamu sedang buang air kecil.

Dan khusus untuk traveler cewek, sebaiknya saat menemukan toilet, usahakan untuk menggunakan kesempatan itu untuk ‘menguras’ kandung kemih. Karena kamu enggak akan tahu di destinasi selanjutnya, akan mudah menemukan toilet lagi atau tidak.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono