There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Cara Cepat Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 16 Juli 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu hal yang sering dialami bayi adalah biang keringat.

Biang keringat biasanya muncul karena kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan sempurna. Suhu ruangan yang terlalu panas atau bahan pakaian yang tidak menyerap keringat bisa menjadi pemicu timbulnya biang keringat pada byi.

Oleh karena kulit bayi masih sangat sensitif, maka biang keringat sebaiknya langsung segera diatasi agar tidak semakin parah.

Berikut cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Baca juga: Bayi Bingung Puting, Lakukan 5 Hal Berikut Ini

1. Sirkulasi dan Suhu Dalam Ruangan

Ciptakan sirkulasi udara yang lebih lancar misalnya dengan membuka jendela lebar-lebar atau menurunkan suhu dalam ruangan. Kamu bisa gunakan AC atau kipas angin agar bayi bebas dari keringat karena keringat bisa semakin memperparah biang keringat.

2. Lap Handuk Basah

Jika bayi terlihat berkeringat, segera lap dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Lap dengan gerakan yang sangat lembut agar tidak semakin memperparah area ruam.

3. Baju Longgar

Pastikan bahan pakaian bayi adalah bahan yang menyerap keringat, tipis, dan nyaman. Sebaiknya berikan baju dengan ukuran longgar agar baju tidak terlalu menggesek-gesek permukaan kulit.

Baca juga: Catat! Ini 5 Makanan yang Bikin Bayi Kolik

4. Hindari Terlalu Banyak Krim dan Bedak Tabur

Saat kulit bayi mengalami ruam seperti biang keringat, sebaiknya hindari terlalu banyak memberikan krim atau bedak tabur. Jika terlalu banyak, krim dan bedak tabur tadi justru bisa menyumbat pori-pori kulit bayi dan semakin memperparah biang keringat.

5. Lap Kering Sehabis Mandi

Pastikan setiap sehabis mandi, seluruh permukaan kulit bayi dilap kering. Kondisi kulit yang lembab sangat rentang untuk timbulnya binag keringat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono