I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Rutin Berhubungan Seks 3-4 Kali Seminggu

author
Isna Triyono
Rabu, 17 Juli 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berhubungan seks bukan saja menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan pasangan, tetapi juga memberi banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran?

Ini yang terjadi pada tubuh jika rutin berhubungan seks 3-4 kali seminggu.

1. Awet Muda

Bukan cuma make up anti aging yang bisa membuat kamu awet muda. Berhubungan seks secara rutin juga bisa membuat kamu terlihat awet muda.

Menurut dokter psikologi dari Royal Edinburgh Hospital, Inggirs, dr. David Weeks, orang yang rutin bercinta 3-4 kali seminggu cenderung terlihat beberapa tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Baca juga: Tips Menolak Hubungan Seks Agar Pasangan Tak Salah Paham

Saat berhubungan seks mencapai kepuasan, tubuh melepaskan hormone endorphin yang bisa memperbaiki kesehatan kulit dan menunda kulit kendur atau keriput.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan orang yang berhubungan seks lebih dari dua kali seminggu secara rutin maka risiko terkena serangan jantung menjadi lebih rendah.

3. Panjang Umur

Saat mengalami orgasme, tubuh melepaskan hormone dehydroepiandrosterone. Hormone ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak.

4. Jarang Sakit

Penelitian sebuah universitas di Pennsylvania, AS, mmenemukan bahwa orang yang melakukan hubungan seks setidaknya 2 kali dalam seminggu memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi. Berhubungan seks juga dipercaya bisa melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit.

Baca juga: 4 Harapan Yang Bisa Mengganggu Hubungan

5. Ingatan Lebih Tajam

Penelitian di Universitas McGill, Kanada menyebutkan perempuan yang sering melakukan hubungan seks dan mencapai orgasme, memiliki ingatan yang lebih tajam.

6. Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Bukan hanya untuk kesehatan fisik, berhubungan seks yang rutin 3-4 kali dalam seminggu juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Salah satunya adalah memberikan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

7. Lebih Bahagia

Setelah berhubungan seks, tubuh akan melepaskan dopamine dan endorphin yang memberi perasaan lega, rileks, dan bahagia. Selain itu, berhubungan seks juga menjadi mood booster, suasana hati lebih baik, serta meredakan stress.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono