Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Waspada, Ini Tanda Luka Bekas Operasi Caesar Infeksi

author
Isna Triyono
Kamis, 18 Juli 2019 | 10:06 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bekas luka operasi caesar memerlukan perhatian yang lebih untuk perawatannya.

Pasalnya jika salah merawat dan kurang menjaga kebersihannya, luka bekas operasi caesar rentan megalami infeksi.

Sebaiknya kenali yuk tanda luka bekas operasi caesar yang mengalami infeksi. Jadi kamu bisa segera mendapat pertolongan jika menemui tanda-tanda berikut ini.

1. Sakit dan Nyeri

Pasca operasi caesar, semua ibu pasti akan merasakan sakit dan nyer di bagian area luka. Hal itu wajar karena lapisan perut disayat hingga ke rahim untuk mengeluarkan bayi.

Namun rasa sakit dan nyeri itu biasanya akan mereda jika sudah meminum obat penghilang rasa sakit dari dokter.

Baca juga: 5 Makanan yang Pantang Dimakan Pasca Operasi Caesar

Yang harus kamu waspadai adalah jika rasa sakit dan nyeri itu sudah tidak tertahankan, tidak hilang atau mereda meski sudah meminum obat anti nyeri, dan membuat kamu kesulitan untuk duduk atau bergerak. Sebaiknya segera kunjungi dokter.

2. Bengkak dan Kemerahan

Beberapa bulan pertama, luka bekas caesar akan terlihat memerah lalu warnanya semakin pucat dan meninggalkan garis tipis. Beberapa ibu mungkin punya bekas luka yang sedikit menebal.

Namun jika bekas luka itu bengkak bukan hanya di garis sayatan dan kemerahan yang semakin lama semakin merah (bukan pudar seperti kondisi normal), itu bisa jadi salah satu tanda infeksi.

3. Mengeluarkan Darah atau Nanah

Dalam kondisi normal, luka bekas sayatan caesar tertutup rapat dan tidak lagi mnegeluarkan darah, apalagi nanah. Jika mendapati nanah atau keluar dari bekas luka tadi, sebaiknya langsung kunjungi dokter karena itu tanda infeksi pada bagian dalam.

4. Demam

Seperti gejala infeksi pada umumnya, ibu mengalami demam lebih dari 38 derajat Celsius setelah operasi.

Baca juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari Pasca Operasi Caesar

5. Perdarahan

Pasca melahirkan, darah pasti akan keluar dari vagina. Namun jika kamu sampai harus mengganti pembalut 4-5 kali dalam sehari karena darah yang keluar sangat banyak, itu bisa jadi salah satu tanda terjadinya infeksi.

6. Timbul Benjolan di Bagian Lain

Tanda infeksi lainnya adalah timbulnya benjolan di bagian tubuh lainnya misalnya di bawah ketika atau di leher disertai nyeri pada bekas luka operasi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono