If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari Pasca Operasi Caesar

author
Isna Triyono
Jumat, 12 Juli 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kondisi berbeda dialami oleh ibu yang melahirkan lewat operasi caesar.

Jika melahirkan secara normal, kamu bisa dan boleh berjalan setelah beberapa jam istirahat. Namun bagi ibu pasca operasi caesar kondisinya harus lebih diperhatikan. Karena ada luka luar dan dalam di bagian bawah perutnya yang harus dijaga.

Nah, supaya kondisi pasca operasi caesar bisa cepat pulih, sebaiknya 7 hal berikut ini harus dihindari.

1. Aktivitas Berat

Aktivitas berat maksudnya mengangkat benda berat, naik turun tangga, aerobik, berenang, atau jogging. Namun bukan berarti kamu harus diam dan hanya tiduran aja. Kamu tetap perlu berjalan-jalan santai setiap pagi atau sore untuk memperlancar aliran darah.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Produksi ASI

2. Batuk atau Tertawa Terlalu Keras

Usahakan untuk tidak batuk, bersin, atau tertawa terlalu keras. Ketiga kegiatan tadi bisa membuat tegang otong-otong di sekitar perut dan bisa mengganggu proses pemulihan luka operasi caesar.

3. Menggaruk Atau Terlalu Sering Menyentuh Luka

Operasi caesar akan meninggalkan luka di bagian perut. Sebaiknya jangan digaruk atau terlalu sering disentuh bagian luka tadi. Permukaan luka biasanya masih basah dan rentan terkena infeksi.

4. Berhubungan Seks

Tunda berhubungan seks, paling tidak setelah 6 minggu pasca operasi caesar. Bukan aja mood gairah seksualitas yang kamu rendah, tetapi juga kondisi rahim belum benar-benar pulih.

5. Konsumsi Makanan yang Memicu Sembelit

Sembelit biasanya dialami oleh sebagian besar ibu pasca melahirkan. Jika kamu melahirkan lewat operasi caesar, masalah sembelit akan semakin runyam karena kamu dilarang mengejan untuk menghindari luka bekas operasi caesar, terutama di bagian dalam terkoyak lagi.

Makanan yang memicu sembelit misalnya pisang, kopi, daging sapi, atau teh.

Baca juga: Hal yang Terjadi Setelah Melahirkan Secara Caesar

6. Stres

Stres bisa menganggu proses pemulihan pasca operasi caesar. Lakukan hal menyenangkan yang bisa menenangkan pikiran kamu, misalnya me time nonton tv, baca buku, atau massage pasca melahirkan.

7. Diet

Pengin buru-buru menurunkan berat badan setelah melahirkan? Sebaiknya tunda dulu ya atau lakukan secara perlahan dan bertahap. Diet ketat pasca oeprasi caesar, bukan cuma mengganggu proses pemulihan tetapi juga bisa mengganggu produksi ASI.

Sebaiknya tetap makan makanan bergizi da berserat tinggi.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono