Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

5 Cara Mudah Meningkatkan Produksi ASI

author
Isna Triyono
Rabu, 10 Juli 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Produksi ASI akan meningkat seiring tingginya frekuensi bayi menyusu.

Namun karena beberapa hal, beberapa ibu merasa produksi ASI-nya menurun atau mulai berkurang.

Kamu bisa mencoba meningkatkan produksi ASI dengan 5 cara mudah berikut ini.

1. Perbanyak Minum

ASI terdiri dari 88 % air. Jadi jika kamu perbanyak minum air putih, produksi ASI pun akan meningkat. Untuk memudahkan kamu minum air, sediakan selalu tumbler di dekat biasanya kamu menyusui atau pumping ASI. Sehingga kapanpun kamu melihat tumbler, usahakan untuk selalu meminumnya.

Baca juga: Hal yang Terjadi Setelah Melahirkan Secara Caesar

2. Pumping dan Pumping

Semakin sering payudara dikosongkan, dengan menyusui langsung atau dipompa, maka produksi ASI akan semakin meningkat. Sebaiknya, setelah menyusui langsung, tunggu 1-1,5 jam untuk kemudian kamu pompa payudara.

Jangan frustasi jika keluarnya sedikit karena bagaimanapun itu tetap akan meningkatkan produksi ASI. Jika tidak ada yang keluar, tunggu 5-10 menit lalu lanjutnya memompa lagi.

Lalukan terus hingga produksi ASI akan semakin meningkat.

3. Dekatkan dengan Bayi

Saat pumping, sebaiknya dekatkan bayi dengan ibu. Dengan melihat bayi, melihat ia tertidur, tertawa, atau bahkan hanya mengusap lembut tubuhnya, akan membuat ibu lebih tenang dan bahagia.

Perasaan tadi membantu produksi ASI meingkat dalam waktu singkat.

Baca juga: Mengapa Harus Melakukan Ultrasonografi (USG)?

4. Suplemen

Sebagai ‘pemancing’, kamu bisa menggunakan suplemen penambah produski ASI. namun meski sudah meminum suplemen, sebaiknya kamu tetap rutin menyusui dan memompa payudara agar kosong sehingga produksi ASI akan meningkat.

5. Massage

Saat payudara kosong, lakukan pemijatan ringan di sekitar payudara. Kamu juga bisa kompres dengan air hangat agar jaringan susu di sekitarnya akan semakin lancar.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono