I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Tips Mencari Nama Bayi, Salah Satunya Pakai Jasa Online

author
Isna Triyono
Senin, 22 Juli 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu hal penting menjelang proses persalinan adalah menyiapkan nama untuk bayi.

Saat ini sudah banyak sekali rekomendasi ribuan nama-nama bayi yang bisa kamu baca.

Namun untuk mencari nama bayi yang mengandung arti sesuai yang diinginkan kedua orangtua diperlukan usaha ekstra.

Berikut ini Kanya.id berikan tipsnya untuk mencari nama bayi.

1. Tentukan Tema

Yang pertama harus kamu dan pasagan diskusikan adalah penentuan tema nama. Apakah ingin nama bayi yang religius, unik, dari bahasa tertentu misalnya bahasa latin atau sansekerta, atau penggabungan dari nama kedua orangtua.

Baca juga: 20 Nama Bayi Perempuan Enggak Pasaran Dari Bahasa Sansekerta

2. Punya Arti Baik dan Mendalam

Nama adalah sebuah doa. Tentu semua orangtua ingin memberikan nama dengan arti terbaik dan juga punya kesan mendalam bagi mereka.

3. Tentukan Panjang Nama

Idealnya nama anak terdiri dari 2-3 kata. Sementara kata terakhir biasanya adalah nama keluarga. Jadi kamu dan pasangan tinggal mencari nama depan dan tengahnya saja.

Nama bayi yang terlalu panjang, selain merepotkan anaknya, juga akan menyusahkan saat dicantumkan di berbagai dokumen pribadi, misalnya akte lahir, ijazah, atau paspor.

4. Bikin Daftar Kandidat

Saat muncul ide nama bayi atau ketika menemukan satu nama yang sesuai atau menurut kamu pas, tuliskan di sebuah daftar agar tidak lupa. Lakukan terus ketika selanjutnya kamu menemukan kandidat nama lain. Sehingga ketika memutuskan, kamu dan pasangan tinggal melihat daftar kandidat nama saja.

Baca juga: Punya Makna Bagus, Ini 20 Pilihan Nama Bayi Laki-Laki Sansekerta

5. Pakai Jasa Online

Saat ini sudah banyak jasa online untuk mencari nama bayi. tarifnya pun bervariasi, mulai dari Rp300.000 – Rp1 juta, sesuai jumlah kata atau tingkat keunikan. Jasa online pencari nama bayi ini biasanya akan memberi 1-2 kesempatan untuk kamu meminta revisi atau alternative nama lain.

Saat ini kecenderungan orangtua adalah memberikan nama bayi yang unik. Hal itu sah-sah aja sepanjang kamu juga memikirkan bagaimana perasaan si anak ketika sudah besar nanti menyandang nama tadi.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono