I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

5 Tips Pakai FaceApp Biar Aman

author
Isna Triyono
Jumat, 19 Juli 2019 | 14:00 WIB
IG @nanamirdad |

Kamu termasuk yang terkena demam FacApp?

Foto-foto wajah tua marak menghiasai media sosial. Entah karena ikut-ikutan atau memang penasaran dengan bagaimana bentuk rupa wajah kita 10-20 tahun mendatang, membuat aplikasi FaceApp menjadi viral.

Dua tahun lalu, aplikasi FaceApp sudah pernah viral. Para netizen memanfaatkannya untuk melihat ilustrasi wajahnya ketika masih bayi, anak-anak, atau ketika sudah menjadi kakek-nenek.

Sayangnya, di balik aplikasi yang sedang viral itu, tersembunyi bahaya yang mengintai. Misalnya aplikasi buatan Rusia itu bisa mengakses foto, informasi lokasi, dan history browsing.
Data-data tadi bisa aja dipergunakan untuk kepentingan yang menguntungkan bagi perusahaan startup FaceApp.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Picky Eater Saat Traveling

Nah supaya aman dan bisa tetap terus menggunakan FaceApp, sebaiknya kamu ikuti tips berikut ini.

IG @t_orasudi_ro |

1. Batasi Akses

Saat pertama kali meng-intall aplikasi (semua aplikasi, bukan hanya FaceApp) kamu akan diberi pertanyaan soal izin akses ke kontak, galeri foto, pesan pribadi dan lainnya. Sebaiknya batasi aksesnya, misalnya untuk akses ke galeri foto, kamu bisa klik ‘deny.’

2. Hanya Gunakan Foto Kamera

Jika kamu tidak mengizinkan FaceApp mengakses galeri foto, kamu bisa tetap menggunakan aplikasi ini. Caranya dengan mengambil foto langsung dari kamera yang tersedia di aplikasi FaceApp.

IG @ridwankamil |

3. Langsung Hapus

Saat sudah tidak menggunakannya lagi, segera hapus foto yang kamu gunakan di aplikasi FaceApp tadi.

Baca juga: Kurangi 'Drama' Urusan Toilet Saat Traveling, 7 Benda Ini Wajib Dibawa

IG @mastercorbuzier |

4. Intall Dari Sumber Resmi

Pastikan kamu hanya meng-install aplikasi hanya dari sumber resmi untuk memperkecil risiko virus atau penyalahgunaan data.

5. Install Aplikasi Keamanan Tambahan

Pastikan kamu juga sudah meng-install aplikasi keamanan tambahan di handphone kamu untuk mencegah pencurian data atau terkena virus.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono