The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Agar Anak Mau Beres-Beres, Lakukan 6 Langkah Ini

author
Hasto Prianggoro
Senin, 22 Juli 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kebiasaan baik harus dilatih dan dibiasakan, salah satunya dalam hal bersih-bersih mainan atau kamar tidur. Yang tak kalah penting, orangtua harus memberi contoh.

 

1. Jadikan rutinitas

Kebiasaan bisa dibentuk dari rutinitas yang konsisten dilakukan. Nah, agar si Kecil mau merapikan mainan atau kamarnya sendiri, biasakan dia untuk melakukannya setiap hari. Misalnya sebelum mandi sore, minta anak untuk membereskan mainan atau kamar tidurnya lebih dulu. Anak tidak boleh melakukan hal lain sebelum tugas itu kelar.

2. Letakan di tempatnya

Mainan berserakan bisa jadi karena tidak disediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Jadi, biasakan meletakkan atau menyimpan mainan anak di tempat yang sama. Minta anak untuk selalu menyimpan mainannya di tempat tersebut. Jika kebiasaan ini konsisten dilakukan, anak tak perlu lagi disuruh untuk menyimpan mainan di tempatnya.

3. Beri bantuan

Jadikan aktivitas membereskan mainan atau kamar tidur ini sebagai bagian dari aktivitas seluruh keluarga. Jika perlu beri anak bantuan, misalnya merapikan mainan yang besar atau anak terlihat bingung mencari tempat penyimpanan. Beri tahu anak agar memahami nilai kerjasama dan kontribusi antar anggota keluarga.

 

Baca juga: Agar Rumah Aman Bagi Si Batita, Ini Langkah-langkahnya

 

4. Singkirkan sebelum ambil mainan lain

Biasakan untuk menyimpan atau menyingkirikan mainan sebelum memegang mainan yang lain. Selain memudahkan saat akan merapikan atau menyimpan mainan, ini juga akan menghemat waktu.

5. Jelaskan pentingnya bersih-bersih

Mengenalkan value positif pada anak akan menjadikannya pribadi yang bertanggungjawab. Karena itu, jelaskan pada anak alasan mainan atau kamar tidur harus rajin dibersihkan. Misalnya supaya mainan tak hilang, supaya mainan tidak rusak, supaya kamar tidur tida bau, atau katakan bahwa mereka sudah besar dan harus bisa merawat sendiri mainan atau kamar tidurnya.

6. Beri contoh

Modeling adalah cara terbaik untuk melatih atau mengajari anak tentang sebuah kebiasaan. Jadi, jangan hanya menyuruh anak merapikan mainannya, orangtua juga harus memberi contoh merapikan kamar tidur dan bagian rumah lain. Juga, jangan mengeluh setiap kali harus membersihkan rumah. Ingat, apa pun yang dilakukan orangtua, anak kemungkian akan melihat dan meniru.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro