I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Tren Snail Skincare, Apa Saja Kelebihannya?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 20 Juli 2019 | 10:00 WIB
Snail skincare | SHUTTERSTOCK

Snail alias siput ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Enggak heran beberapa tahun belakangan, brand skincare banyak yang menggunakan formulasi lendir siput. Mulai dari essence, face mask, serum, hingga krim pelembap. Apa saja ya khasiat si siput ini?

Lendir siput mulai ditemukan berkhasiat untuk kecantikan kulit sekitar tahun 1980-an di Chili. Para peternak siput di sana merasa kulit tangan mereka sangat lembut karena mengurus siput setiap hari. Setelah diteliti ternyata siput, terutama siput taman, menghasilkan lendir yang mendandung beberapa kandungan protein dan acid yang bermanfaat bagi kecantikan kulit.

KULIT LEMBAP DAN ELASTIS

Jenis siput cryptomphalus ini mengandung hyaluronic acid, glycolic acid serta glycoproteins yang kaya antioksidan dan mampu melembapkan, melembutkan, mengatasi kulit kering, memperbaiki tekstur kulit sehingga lebih elastis dan glowy.

MENGATASI TANDA PENUAAN

Dengan kelebihannya itu, lendir siput dianggap setara dengan produk-produk antiaging yang sudah beredar di pasaran karena mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit dan menstimuli produksi kolagen. Noda jerawat, garis-garis halus, bekas luka, keriput atau kerutan pun lama-lama hilang setelah rutin dioles dengan lendir siput.

Snail skincare | SHUTTERSTOCK

KAYA MINERAL UNTUK MERAWAT KULIT

Lendir siput mengandung mineral seperti zinc, zat besi dan tembaga, serta senyawa antimicrobial peptides yang sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat.

Baca juga: Bikin Sendiri, Masker Tepung Beras Untuk Wajah Lebih Cerah

MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA

Tahun 1960 ahli onkologi, Rafael Abad Iglesias melakukan penelitian sel kanker terhadap siput dan ternyata bagian kulit siput dapat sembut sangat cepat dari luka. Setelah itu dilakukanlah penelitian pada kulit manusia menggunakan lendir siput. Hasilnya, zat antiinflamasi lendir siput bekerja dengan baik pada penyembuhan luka di kulit manusia.

Tertarik dengan snail skincare? Ada beberapa produk yang bisa kamu coba, seperti sheet mask The Saem Pure Natural Snail, Missha Super Aqua Cell Renew Snail Cream atau Cosrx Snail Mucin Essence.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi