Dress shabbily and they remember the dress, dress impeccably and they remember the woman.
Coco Chanel

8 Nutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 18 Juli 2019 | 11:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Nutrisi berperan penting bagi tumbuh kembang anak, khususnya perkembangan kognitif dan intelektualnya. Perkembangan otak seorang anak dimulai sejak trimester akhir kehamilan hingga masa balita, puncaknya pada usia 2 tahun. Oleh karena itu, pemberian nutrisi yang tepat sangat penting di masa-masa ini karena sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang fisik dan intelektual anak. Nah, nutrisi apa saja yang diperlukan anak?

1.Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan anak pada masa tumbuh kembang. Kalsium berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga fungsi otot tubuh, menjaga kesehatan saraf, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Sumber kalsium bisa diperoleh dari susu, ikan, maupun keju.

2.Zat Besi

Zat besi merupakan sumber mineral yang sangat penting bagi tubuh dan merupakan komponen utama pembentukan Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi juga memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh, membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel tubuh, meningkatkan kemampuan berpikir, konsentrasi dan daya ingat anak.

Sumber zat besi bisa diperoleh dari daging sapi, kuning telur, ikan, sayuran hijau, serta kacang-kacangan. Daging sapi mengandung zat besi 3 kali daging ayam dan 9 kali daging ikan, sehingga daging sapi bisa menjadi pilihan sumber zat besi terbaik bagi anak.

Bunda bisa memberikan daging sapi pada anak 3-4 kali seminggu dengan porsi 100 gram per tiap kali makan untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Untuk mendapatkan tekstur daging sapi yang empuk dan juicy, gunakan daging sapi Australia. Pengolahannya pun tidak membutuhkan waktu lama sehingga lebih praktis jika Bunda ingin membuat menu daging sapi untuk sarapan atau bekal makan siang anak.

Baca juga: Pentingnya Zat Besi Bagi Anak, Daging Merah Bisa Jadi Pilihan

3.Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial adalah lemak yang sangat penting karena membantu pembentukan sel-sel tubuh, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskuler, membangun sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh menyerap nutrisi, serta menjaga kesehatan fungsi otak dan mata. Yang termasuk dalam asam lemak esensial antara lain Omega-3 dan Omega-6.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang rajin mengonsumsi makanan yang kaya Omega-3 selama kehamilan memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Asam lemak esensial bisa didapat dari ikan salmon, seafood, sayur dan buah-buahan, telur, biji chia, serta diary produk seperti keju, yogurt dan mentega.

| SHUTTERSTOCK

4.Vitamin A

Vitamin A sangat berguna bagi si Kecil karena melindungi tubuh dari berbagai infeksi, mempertajam penglihatan, serta memperkuat tulang. Makanan sumber Vitamin A bisa diperoleh dari tahu, yogurt, keju, susu, roti gandum, dan bayam.

5.Zinc

Zinc atau seng merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Zinc memiliki berbagai manfaat, antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperkuat sistem pencernaan, serta melancarkan metabolisme.

Nutrisi ini bisa ditemukan antara lain pada gandum, daging sapi, daging ayam, seafood, kacang-kacangan, dan sebagainya. Untuk asupan terbaik bagi kecerdasan dan daya tahan tubuh anak, daging merah bisa jadi pilihan karena kandungan zinc pada daging sapi cukup besar, yaitu 27%.  

Baca juga: 5 Jalan Menjaga Asupan Nutrisi Anak

6.Vitamin D

Vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari yang diserap oleh kulit. Vitamin D mempunyai beragam manfaat, antara lain menjaga kesehatan tulang, menjaga kekebalan tubuh, mencegah dari berbagai penyakit. Selain dari sinar matahari, Vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, telur, susu, jamur, minyak ikan, yogurt.

7.Kalium

Kalsium merupakan nutrisi yang bertugas menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air di dalam tubuh. Kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung. Kalium bisa diperoleh antara lain dari makanan-makanan seperti pisang, tomat, dan susu.

| SHUTTERSTOCK

8.Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Beberapa fungsi magnesium antara lain menjaga kesehatan tulang, menjaga irama jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu fungsi saraf dan otot.

Makanan-makanan yang kaya kandungan magnesium antara lain kacang-kacangan, bayam, roti gandum, yogurt, susu, beras merah, pisang, dan sebagainya.

 

#dagingsapiaustralia #nutrisidagingsapi

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi