If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Sisir Bisa Kurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan?

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 23 Juli 2019 | 14:07 WIB
| SHUTTERSTOCK

Ternyata, sisir bisa membantu mengurangi rasa sakt dan nyeri saat melahirkan. Benarkah?

 

Setiap wanita yang pernah melahirkan secara normal pasti akan mengatakan bahwa melahirkan normal itu sakit. Nyerinya nggak ketulungan. Nah, agar rasa sakit saat melahirkan normal bisa sedikit dikurangi, genggamlah sisir. Lho, kenapa?

Sebuah postingan dari perusahaan penyedia jasa foto dan video kelahiran, Fox Valley Birth and Baby, baru-baru ini menjadi bahan perbincangan karena memberi masukan yang tidak biasa. Postingan itu menyatakan bahwa sisir bisa digunakan untuk melawan rasa sakit dan nyeri selama proses melahirkan normal.

| Fox Valley Birth and Baby

“Saat digenggam dengan kuat, ujung sisir ternyata akan menekan titik-titik akupunktur di ujung jari-jari tangan sehingga membantu tubuh untuk lupa pada rasa sakit akibat kontraksi,” tulis postingan itu. Lebih lanjut disebutkan bahwa sisir berperan sebagai “pengontrol rasa sakit.”

Teori gate control pain theory ini menjelaskan bahwa otak hanya akan bisa fokus pada beberapa sensasi sekaligus. “Dan karena ujung saraf jari-jar tangan lebih dekat ke otak, maka sensasi dari jari-jari tangna yang tertkan ujung sisir inilah yang akan nyampai duluan ke otak,” lanjut postingan itu. Yang pasti, cara menggenggam sisir harus bena dan dipastikan ujung sisir menekan ujung jari-jari tangan.

Baca juga: Pentingnya Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil 

Ternyata, postingan itu mendapat tanggapan beragam dari netizen. Ada yang bilang akan membawanya jika melahirkan lagi, ada yang mengaku sekarang selalu membawa sisir di dompet, dan sebagainya. “Tiga bulan lagi saya akan melahirkan anak kedua. Dan saya pasti akan membawa sisir kemHealth ana pun saya pergi,” kata perempuan lain.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro