Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

5 Cara Untuk Bangkitkan Selera Makan Ibu Hamil Muda

author
Isna Triyono
Selasa, 30 Juli 2019 | 10:15 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah seperti hal lumrah yang dialami ibu ketika hamil muda, yaitu mula, pusing, dan kehilangan napsu makan.

Padahal di awal kehamilan, janin justru perlu asupan makanan bergizi untuk mendukung perkembangan otaknya. Namun apa daya, biasanya ibu hamil muda akan kehilangan selera makan.

Beberapa ada yang napsu makannya kembali normal setelah trimester pertama dilewati, tapi ada juga yang tetap ‘susah makan’ selama kehamilan.

Tips berikut ini bisa kamu coba untuk meningkatkan napsu makan untuk ibu hamil muda.

Baca juga: Hamil Muda, Ini 7 Makanan Pereda Morning Sickness

1. Hindari Makanan Berbau Tajam

Penyebab paling besar napsu makan ibu hamil muda turun adalah karena sensitif terhadap bau. Untuk menghindari mual, sebaiknya pilih menu makanan yang tidak berbau tajam, misalnya sayur bening, tumisan sayuran, atau sup.

2. Makan Dalam Jumlah Sedikit

Cobalah untuk makan dalam jumlah sedikit namun dengan frekuensi yang sering. Dengan begitu, kamu tidak terlalu merasa ‘terbebani’ menghabiskan satu porsi makanan. Saat makan pun, kamu merasa lebih menikmati.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Panas

Rasa mual juga banyak dipicu oleh makanan berlemak dan dengan suhu panas. Sebaiknya kamu pilih makanan yang dingin atau tidak terlalu panas.

Baca juga: Duh, Enaknya, Ini Tanda-tanda ‘Hamil Kebo’!

4. Cemilan Buah

Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dan serat ibu hamil, kamu bisa pilih buah-buahan sebagai cemilan sehat. Sehingga ketika jam makan tiba, kamu tidak terlalu merasa kenyang dan bisa tetap menyantap makanan utama.

5. Perhatikan Selera Baru

Saat hamil, biasanya ibu mengalami hal di luar kebiasaan. Misalnya yang tadinya tidak suka makanan yang asam-asam, jadi suka. Atau selalu ingin makan yang manis. Kamu biasa siasati selera ‘baru’ tadi untuk membantu kamu meningkatkan selera makan. Misalnya makanan utama dengan lauk yang asam atau langsung ngemut permen setelah makan sehingga tidak mual.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono