There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Pentingnya Nutrisi dan Stimulasi Bagi Tumbuh Kembang Anak

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 30 Juli 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Agar anak tumbuh berkembang secara optimal, dibutuhkan dukungan nutrisi dan stimulasi.

 

Setiap anak berhak mendapatkan dukungan nutrisi terbaik dan stimulasi tepat sedini mungkin agar dapat tumbuh dan berkembang optimal sehingga bisa mengasah potensi prestasi yang mereka miliki.

“Penting untuk memberikan dukungan komplit bagi si Kecil. Dukungan itu terdiri dari pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mendukung dan mengasah potensi prestasi si Kecil,” kata Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.,psikolog anak dan keluarga pada kegiatan edukasi di Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju bersama SGM Eksplor di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, lanjut Nina, anak mampu berpikir kreatif, supel, mandiri serta percaya diri. “Semua aspek tersebut  penting untuk dikembangkan sedini mungkin agar kelak si Kecil menjadi generasi maju yang berprestasi dan berkepribadian baik,”tambahnya.

Baca juga: 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Si Kecil Mandiri 

Ada banyak stimulasi yang mudah untuk diterapkan orangtua di rumah agar dapat mengembangkan potensi prestasi si Kecil. Misalnya, untuk menstimulasi aspek kemandirian si Kecil saat berusia 1 tahun, anak bisa diajarkan mulai memegang sendok sendiri agar bisa makan sendiri.

Selain itu, orangtua juga bisa mendukung stimulasi rasa ingin tahu si Kecil agar bisa mengembangkan potensi prestasi berpikir kreatif dengan menciptakan lingkungan yang aman, memberikan kesempatan bermain dan beraktivitas di lingkungan yang beragam dan mengajak si Kecil berbicara tentang hal-hal yang menarik untuknya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro