The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Jika Pasangan Nggak Bisa “Masuk” Ke Lingkungan Teman-Temanmu

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 1 Agustus 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Apa yang harus dilakukan jika pasangan tidak bisa atau canggung bergaul dengan teman-temanmu, padahal kamu masih butuh mereka?

 

Jelas ini situasi yang tak mudah. Kamu mencintai pasangan, tapi di sisi lain juga masih butuh teman-temanmu. Berikut 5 langkah agar hubungan dengan pasangan dan teman-teman tetap baik-baik saja.

 

1. Bicarakan baik-baik

Meskipun pasangan mungkin tidak secara langsung bilang tak suka atau tak cocok dengan teman-temanmu, tapi kamu pasti sudah bisa merasakan sikapnya itu. Sebaiknya bicarakan dengan pasangan, tanpa menuduh atau menyimpulkan. Tanyakan apa yang ia suka dan tidak suka dari teman-temanmu. Bisa saja semua hanya soal cara pandang yang berbeda.

2. Tahu kapan mengajak pasangan

Tak perlu selalu mengajak pasangan setiap kali kumpul-kumpul dengan teman-temanmu. Seringkali, pasangan tak suka hanya kepada satu orang di antara teman, sementara dengan teman lain tak ada masalah. Jadi, pertimbangkan perlu-tidaknya mengajak pasangan kumpul-kumpul, khususnya jika teman yang tak ia suka ikut datang.

 

Baca juga: Hobi Jalan-Jalan Sama Geng? Perhatikan 3 Hal Ini

 

3. Kesamaan minat dan karakter

Hubungan dengan seseorang biasanya didasarkan pada kesamaan nilai dan minat, serta kecocokan karakter. Begitu juga ketika memutuskan menjalin hubungan dengan lawan jenis maupun menjalin pertemanan. Jika ternyata di antara pasangan dan teman-temanmu terjadi ketidakcocokan, bisa jadi karena nilai dan minat yang tak sama, atau ada karakter yang tak disuka. Sebaiknya ajak pasangan kumpul hanya dengan teman yang punya minat dan karakter yang sama.

4. Beri tahu teman-teman

Biasanya jalinan pertemanan sudah terjalin sebelum kamu menjalin hubungan dengan pasangan. Tak ada salahnya menceritakan hal ini pada teman-teman atau sahabat, karena mereka akan bisa meiihat persoalan lebih obyektif dan lebih jelas. Masukan dari teman-teman bisa sangat membantu menjaga agar hubungan dengan pasangan maupun teman-teman tetap baik.

5. Buat kesepakatan

Banyak orang yang memisahkan antara hubungan dengan pasangan dan hubungan dengan teman-teman sehingga tidak muncul masalah. Tapi, sebagian yang lain menganggap pasangan harus dekat juga dengan teman-temannya. Jalan terbaik, buat kesepakatan dengan pasangan kapan bisa kumpul-kumpul dengan teman-teman tanpa membuat pasangan merasa tersingkirkan. Sepanjang pasangan tidak melarang dan kamu bisa menempatkan diri, rasanya tak bakal ada masalah.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro