A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Ukuran Payudara Pengaruhi Kebiasaan Olahraga Perempuan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 31 Juli 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Studi menunjukkan adanya hubungan antara ukuran payudara dan kebiasaan olahraga. Perempuan berpayudara besar cenderung menghindari olahraga karena payudara terasa terasa sakit saat berolahraga.

 

Ukuran payudara ternyata bisa memengaruhi cara berbusana, jenis tas yang dibawa, bahkan cara berjalan seorang perempuan. Tak hanya itu, ukuran payudara juga berpengaruh terhadap jenis olahraga dan pemilihan bra yang tepat. Perempuan berpayudara besar sebaiknya memakai sport bra untuk menghindari guncangan pada payudara saat berolahraga atau aktivitas fisik lain.

Seperti dilaporkan New York Times, sebuah studi yang dimuat pada Journal of Science and Medicine in Sport meneliti kebiasaan olahraga 355 perempuan dan bagaimana ukuran payudara memengaruhi kebiasaan tersebut.

Peneliti juga melakukan pengukuran akurat untuk menggolongkan ukuran payudara responden menjadi kecil (small), sedang (medium), besar (large), dan sangat besar (very large) karena ukuran bra yang dijual di pasaran seringkali tidak konsisten dan berbeda-beda.

Baca juga: Waduh, Salah Diagnosa Lebih Banyak Dialami Perempuan, Lho

Hasil penelitian menunjukkan, semakin besar ukuran payudara seorang perempuan, semakin menurun juga keinginan mereka untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Hanya sedikit dari responden yang memiliki payudara ukuran sangat besar yang rutin berolahraga. Responden lain yang memiliki payudara besar juga mengaku kesulitan untuk berolahraga.

Pada saat melakukan gerakan olahraga, payudara akan bergerak mengikuti gerakan tubuh. Pemakaian sport bra tak selalu mampu meredam gerakan payudara tersebut, bahkan pada perempuan yang berpayudara kecil sekalipun. Padahal, gerakan payudara selama berolahraga bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri selama dan setelah berolahraga. Itu sebabnya kebanyakan perempuan berpayudara besar memilih untuk menghindari olahraga high impact seperti berlari.

Bagaimanapun, olahraga tetap merupakan bagian penting hidup kita. Menghindari olahraga karena rasa sakit pada payudara justru akan menimbulkan masalah kesehatan lain. Alih-alih  berhenti berolahraga, pilih jenis olahraga low impact atau olahraga air seperti berenang. Juga, pastikan sport bra yang dikenakan bagus dan pas. Jika perlu, pakai 2 sport bra sekaligus, khsususnya jika hendak melakukan olahraga berat.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro