To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Ini Tanda Awal Autisme Pada Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 30 Juli 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Autisme bisa dikenali sejak dini.

Autisme atau sekarang disebut sebagai gangguan spectrum autism atau autism spectrum disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan otak sehingga mempengaruhi kemampuan penderitanya untuk berinteraksi dengan orang lain atau lingkungannya.

Dengan mengetahui gejala awal autisme pada bayi, penderita bisa mendapat penanganan sejak dini dengan tepat.

Berikut ini tanda awal autism pada bayi.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menghadapi Bayi Saat Gerakan Tutup Mulut (GTM)

1. Tidak Ada Kontak Mata

Bayi punya kecenderungan antusias menatap wajah orang-orang di sekitarnya, apalagi ibu atau ayahnya. Kamu wajib waspada jika bayi tidak pernah atau sedikit sekali melakukan kontak mata denganmu atau orang lain yang berada di depannya.

2. Tidak Tertarik Main Cilukba

Permainan sederhana ini juga bisa mendeteksi gejala autisme. Bermain cilukba bisa membuat bayi tertawa atau menunjukkan gerakan tubuh yang bersemangat. Namun jika bayi tidak pernah tertarik bermain cilukba atau tidak memberikan respon, sebaiknya konsultasikan pada dokter anak.

3. Tidak Merespon Ketika Dipanggil Namanya

Bayi cenderung hanya diam dan tidak memberikan respon ketika namanya dipanggil. Bukan hanya tidak merespon ketika namanya dipanggil, bayi dengan autisme juga akan acuh dengan suara apapun yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Saat Bayi Mulai Merangkak, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

4. Tidak Pernah Mengoceh

Umumnya bayi akan senang mengoceh atau mengeluarkan suara gumaman sebagai fase pra bicara. Namun bayi dengan autisme cenderung sangat diam dan jarang mengeluarkan suara apapun.

5. Tidak Tersenyum Balik

Semua bayi sangat senang tersenyum. Bayi juga biasanya memberikan senyum balik ketika orang yang di hadapannya tersenyum.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono