I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

Agar Melahirkan Bayi Cerdas, Lakukan Ini Saat Hamil

author
Isna Triyono
Senin, 12 Agustus 2019 | 10:16 WIB
SHUTTERSTOCK |

Merawat dan memperhatikan eksehatan diri sendiri selama hamil, bisa membantu menyiapkan bayi kamu untuk jadi bayi yang cerdas.

Menjalani pola hidup sehat selama kehamilan, bukan saja membuat kamu dan janin menjadi sehat, tetapi juga membuat bayi bisa lebih pintar.

“Apa yang kamu jalani selama kehamilan seperti banyak makan sayur, rutin berolahraga dapat berdampak pada perkembangan otak dan kecerdasan masa depan bayi kamu,” kata Diane Ashton, MD, MPH, seperti yang dilansir dari parents.com.

Berikut hal yang bisa kamu lakukan selama kehamilan dan bisa berdampak pada kecerdasan bayi kamu di masa datang.

Baca juga: Jangan Salah, Ini 4 Tanda Kontraksi Palsu

1. Rutin Minum Vitamin Prenatal

Kandungan dalam vitamin prenatal, seperti asam folat, zat besi, asam lemak Omega-3 sangat penting untuk menunjang perkembangan otak janin. Kamu juga bisa mendapatkannya dari makanan seperti ikan salmon, salad sayuran, atau buah-buahan.

Asam lemak omega-3 berdampak pada produksi neuron, syaraf di otak. Sementara zat besi membantu meningkatkan pertumbuhan sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke otak bayi kamu.

2. Olahraga

Olahraga rutin bisa membantu kamu untuk menyiapkan menghadapi proses persalinan nanti. Selain itu, rutin berolahraga mengurangi kadar kortisol (hormon stres), yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

3. Ikatan yang Kuat

Kamu mungkin merasa sedikti aneh ketika harus mengajak janin dalam perut untuk bicara. Namun, membangun ikatan yang kuat dengan bayi sejak dalam kandungan, terbukti bisa meningkatkan kecerdasan bayi kelak. Selain rajin mengajaknya berbicara, kamu juga sering mengelus sambil membacakan buku cerita atau mendengarkan lagu.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Ditanyakan Ibu Baru Soal Menyusui

4. Jauhi Rokok dan Minuman Alkohol

Meski banyak faktor yang menyebabkan bayi lahir premature, namun salah satu yang bisa kamu jaga adalah jauhi rokok dan minuman beralkohol agar bayi tidak lahir premature dan otaknya bisa berkembang secara maksimal selama berada di dalam rahim.

5. Hindari Stres

Bagaimanapun, stress yang dirasakan oleh ibu hamil akan berdampak pada perkembangan janinnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari stress. Kamu bisa minta dukungan dari pasangan atau orang-orag terdekat saat mulai mengalami kecemasan, kepanikan, atau stress selama masa kehamilan.

Bila perlu, konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono