Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

Agar Feeling Good Selama Kehamilan

author
Isna Triyono
Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:03 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kehamilan, bagaimanapun juga mengubah banyak hal tentang kamu.

Terutama, yang paling dirasakan adalah perubahan fisik, yang biasanya dipengaruhi oleh faktor hormon. Mulai dari masalah kulit, tumbuh jerawat, munculnya stretch marks hingga wajah kusam.

Namun ingatlah, bahwa semua perubahan tadi adalah demi kehadiran buah hati yang akan menjadi sumber kebahagiaan kamu kelak. Jadi, respon perubahan selama kehamilan dengan hati yang juga penuh kegembiraan.

Supaya kamu selalu feeling good selama kehamilan, yuk lakukan hal berikut ini.

Baca juga: Jangan Salah, Ini 4 Tanda Kontraksi Palsu

1. Tetap Aktif

Saat hamil, godaan untuk bermalas-malasan atau terus tidur-tiduran dan makan cemilan yang manis-manis memang sangat besar. Tapi cobalah berusaha untuk tetap aktif, misalnya berjalan pagi selama 15-20 menit, melakukan pekerjaan rumah yang enteng, atau melakukan yoga.

Tubuh yang terus aktif bisa membantu kamu menghadapi persalinan nanti. Kamu pun bisa lebih cepat pulih pasca melahirkan nanti.

2. The Power of Make Up

Banyak ibu hamil yang malas berdandan. Konon katanya bawaan bayi jadi malas make up dan merawat kecantikan.

Padahal dengan make up bisa membuat kamu tetap merasa cantik dan percaya diri. Hal itu penting karena banyak ibu hamil yang merasa kehilangan kepercayaan diri dengan segala perubahan pada tubuhnya.

Mungkin kamu cukup dengan make up tipis dan sederhana. Namun saat kamu mematut diri di depan cermin, sangat ampuh sebagai mood booster.

3. Pilih Baju Hamil yang Chic dan Modis

Memakai baju hamil yang chic dan modis juga bisa menjadi mood booster bagi ibu hamil. Kamu bisa memilih baju hamil yang sesuai kepribadian, misalnya celana jeans hamil, kemeja loose, dress hitam yang seksi atau outer yang simple.

Beberapa ibu hamil sangat suka mengenakan baju hamil yang fit di tubuh dan memperlihatkan baby bump. Hal itu nyatanya bisa membuat mereka merasa lebih seksi dan percaya diri. Kamu pun bisa mencobanya.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Ditanyakan Ibu Baru Soal Menyusui

4. Jangan Abaikan Kulitmu

Seperti yang telah dijelaskan tadi, hormon-hormon kehamilan kerap mendatangkan masalah pada kulit. Mulai dari jerawat, flek hitam, stretch marks hingga kusam.

Kamu bisa gunakan lotion untuk menjaga kulit tetap lembap, atau losion anti stretch marks, atau bahkan mendatangi dokter untuk mendapat perawatan kulit yang tepat.

Dengan kulit yang bersinar, tingkat kepercayaan diri akan meningkat dan bisa mempengaruhi suasana hatimu.

5. Manjakan Diri di Salon

Manikur, pedikur atau di-massage adalah salah satu cara agar kamu selalu merasa feeling good selama kehamilan. Dengan memanjakan diri di salon kecantikan, kamu juga memberi citra diri yang baik selama kehamilan.

Jika tidak sempat ke salon, kamu bisa tetap melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah.

6. Sugesti Diri

Jika kamu tidak bisa memakai baju hamil yang chic atau tidak bisa melakukan perawatan kecantikan di salon, tetaplah ingat untuk selalu mensugesti diri. Bahwa semua perempuan itu cantik. Saat hamil pun, kecantikan kamu lebih terpancar dan bersinar.

Ingat selalu agar menjaga suasana hati tetap baik dan positif.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono