Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Ide Me Time Untuk Ibu Menyusui, Mudah dan Bikin Happy

author
Isna Triyono
Kamis, 15 Agustus 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Merawat dan menyusui bayi, kadang membuat kita tidak punya waktu untuk me time.

Padahal me time punya segudang manfaat bagi ibu, terutama ibu menyusui. Salah satunya membuat ibu lebih bahagia dan hal itu bisa dirasakan juga dampaknya oleh seluruh anggota keluarga lain.

Jika beralasan tidak punya waktu, kamu bisa menyiasatinya yaitu ketika bayi sedang tidur atau minta orang terdekat, pasangan, atau baby sitter untuk menjaga bayi sebentar selama kamu me time.

Me time itu enggak harus ke mall, shopping, atau nonton di bioskop kok. Kamu bisa melakukan me time yang simpel tapi tetap merasakan rileks dan happy.

Baca juga: Agar Feeling Good Selama Kehamilan

Berikut 5 ide me time untuk ibu menyusui.

1. Mandi Air Hangat

Jika selama ini kamu harus mandi dalam kondisi tergesa-gesa karena khawatir bayi bangun dan menangis, cobalah untuk menetapkan 1-2 hari dalam seminggu untuk bisa menikmati momen bisa berlama-lama mandi air hangat.

Minta pasangan atau anggota keluarga lain untuk menjaga bayi selama kamu mandi air hangat. Meski tidak selalu harus berendam, mandi air hangat bisa membuat rileks tubuh yang tegang. Perasaan pun akan semakin tenang setelah mandi air hangat.

2. Nonton Serial di Netflix

Selama menyusui, apalagi jika punya bayi di bawah 12 bulan, agak sulit jika kamu ingin me time nonton film di bisokop. Tapi kamu bisa menggantinya dengan noton film di Netflix. Kamu bisa bebas memilih film atau serial yang ingin ditonton.

Pilih waktu di mana bayi akan tidur dalam durasi yang lebih panjang, misalnya setelah kenyang makan siang.

3. Ngobrol dengan Tetangga

Salah satu yang bikin kangen ibu menyusui adalah bisa ngobrol dengan orang dewasa lain selain pasangan. Bergaul dengan tetangga, bukan saja bisa menjadi sedikit hiburan bagi ibu yang selama ini hanya bisa ngobrol dengan bayi, tapi juga bisa bertukar tips merawat dan menyusui bayi.

Baca juga: Jangan Salah, Ini 4 Tanda Kontraksi Palsu

4. Pesan Makanan via Ojek Online

Ibu menyusui membutuhkan kalori yang lebih banyak dibanding perempuan dewasa lainnya. enggak salah kalau salah satu yang bikin bahagia adalah makan yang bukan hasil masakan kamu sendiri di dapur. Salah satunya, kamu bisa pesan makanan via ojek online.

Menikmati makanan yang lain dari biasanya juga bisa memberikan rasa bahagia dan puas bagi ibu menyusui.

5. Tidur

Satu hal yang kadang sulit dilakukan ibu menyusui adalah tidur. Jadi enggak salah kalau kamu memanfaatkan me time dengan tidur.

Jika ibu menyusui punya cukup waktu untuk tidur, saat bangun, tubuh dan pikiran pun akan terasa lebih segar. Kamu bisa ‘cuti’ membereskan rumah untuk me time tidur berkualitas ini.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono