Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

4 Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 19 Agustus 2019 | 10:10 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tanaman lidah buaya sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat.

Tanaman dari keluarga kaktus ini memiliki daging yang berwarna bening dan mengandung gel.

Daging lidah buaya mengandung zat anti jamur dan anti bakteri yang bisa membantu mengobati berbagai kondisi medis pada kulit, seperti mempercepat penyembuhan luka dan memar.

Oleh karena diambil dari tanaman langsung tanpa diolah, penggunaan daging dan gel lidah buaya cenderung tanpa efek samping.

Baca juga: Bayi Selalu Menangis Saat Digantikan Baju? Ini Tips Menghadapinya

Berikut 4 manfaat menakjubkan lidah buaya untuk bayi.

1. Meringankan Gejala Eksim

Eksim bisa membuat kulit bayi gatal dan timbul bercak merah. Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk meringankan gejala eksim pada bayi tanpa efek samping.

Ambil daging lidah buaya yang masih segar lalu oleskan pada bagian eksim. Kamu bisa ratakan menggunakan jari dan diamkan hingga kering lalu bilas bersih.

2. Luka Bakar dan Memar

Kandungan anti bakteri pada daging lidah buaya bisa mencegah luka bakar terkena infeksi. Gel pada lidah buaya juga memberi efek menenangkan pada kulit yang mengalami luka bakar dan memar.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kulit Sensitif Bayi

3. Gigitan Nyamuk

Kulit bayi yang sensitif, jika terkena gigitan nyamuk maka akan terlihat kemerahan dan gatal. Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena gigitan nyamuk atau serangga dan diamkan beberapa saat sampai mengering.

4. Meringankan Ruam Popok

Oleskan gel lidah buaya pada daerah ruam dan kemerahan dengan jari-jari kamu. Diamkan hingga kering sebelum bayi dipakaikan popok atau celana.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya hanya menggunakan gel lidah buaya murni langsung dari tanamannya. Karena lidah buaya murni belum tercampur oleh bahan kimia. Apalagi tanaman lidah buaya cenderung sangat mudah ditanaman di halaman rumah.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono