To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Kenapa Si Kecil Cepat Merasa Lapar?

author
Hasto Prianggoro
Senin, 19 Agustus 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Orangtua pasti senang melihat anak gampang makan. Tetapi jika anak gampang sekali merasa lapar, barangkali ada sesuatu yang salah.

Si Kecil selalu lapar atau makan sangat sedikit di jam makan? Bisa jadi ada yang salah. Padahal, orangtua pasti berharap anak cukup makan supaya bisa tumbuh sehat. Gangguan perilaku makan atau binge eating disorder semacam ini bisa memicu obesitas, komplikasi penyakit jantung, kolesterol tinggi, arthritis, dan kurangnya rasa percaya diri anak kelak.

Anak harus makan dengan benar supaya tahap tumbuh kembang yang diperlukan tercapai sesuai usianya. Kebiasaan makan yang benar juga sangat penting bagi kesehatannya kelak setelah dewasa.

Baca juga: Anak Kritis Sehari Nanya 73 Kali

Salah satu penyebab anak cepat lapar adalah anak suka makan makanan atau cemilan yang tinggi kandungan gula, lemak, garam dan minyak. Makanan-makanan yang sering disebut sebagai junk food ini rendah nutrisi, bahkan tanpa nutrisi yang diperlukan tubuh, serta hanya membuat anak selalu lapar.

Padahal, anak membutuhkan makanan kaya nutrisi yang mengandung antara lain protein, mineral, vitamin, serat, dan asam lemak esensial. Nutrisi ini banyak ditemukan pada kacang-kacangan, buah, biji-bijian, sayuran, susu rendah lemak dan air.

| SHUTTERSTOCK
Kandungan protein bisa diperoleh dari telur, kacang, ikan, daging rendah lemak, yogurt, sementara serat banyak terdapat pada sayur dan buah yang akan membuat perut tetap kenyang dalam waktu lama sehingga tidak membuat anak cepat lapar. Menghindari junk food dan menyediakan menu yang kaya nutrisi akan membantu anak tidak cepat lapar, makan sesuai jadwal makan, dan mengurangi resiko obesitas.

Yang tak kalah penting, kurangi atau batasi waktu bermain dengan gadget atau monitor (TV, konsol game) karena aktivitas di depan gadget atau monitor ini membuat anak jadi ngemil terus menerus. Ketegangan yang muncul ketika anak bermain konsol game atau video games juga membuat anak mengunyah makanan dengan cepat sehingga memicu kenaikan berat badan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro