The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Pengin Cepat Hamil? Hindari 6 Hal Ini

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Hamil dan dikaruniai momongan merupakan impian setiap perempuan. Tetapi, ada beberapa hal yang harus dihindari jika kamu pengin cepat hamil.

 

1. Berat badan naik atau turun drastis

Kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu drastis bisa mengganggu siklus menstruasi. Padahal tanpa menstruasi teratur setiap bulan, indung telur (ovarium) tidak akan menghasilkan sel telur untuk dibuahi. Perubahan berat badan yang terlalu banyak juga bisa membuat kadar homon tak stabil sehingga memicu infertilitas. Obesitas juga beresiko keguguran, diabetes tipe gestational, preeklampsia, atau berat badan bayi berlebih dan gangguan kelahiran lain.

2. Olahraga berlebih

Olahraga tentu penting dan baik bagi kesehatan. Tetapi jika kamu tengah merencanakan hamil, hindari olahraga berlebihan. Pasalnya, ini akan memicu perubahan hormon yang  menyulitkan ovarium untuk melepaskan sel telur.

Baca juga: 8 Gerakan Mudah Ini Bisa Tingkatkan Performa Seks

3. Telat menikah

Menikah di usia 30-an dan di usia 20-an tentu berbeda, apalagi dalam hal merencanakan kehamilan dan kelahiran. Meski ada banyak faktor penyebab, tingkat kesuburan ditentukan juga oleh usia.

4. Konsumsi vitamin berlebih

Mengonsumsi vitamin tentu tak dilarang. Misalnya, vitamin yang mengandung asam folat yang sangat baik bagi perempuan karena bisa mengurangi resiko gangguan kelahiran. Tetapi, konsumsi vitamin atau suplemen yang berlebihan tidak disarankan. Misalnya terlalu banyak konsumsi vitamin A berhubungan dengan masalah tumbuh kembang bayi. Bicarakan dengan dokter tentang dosis dan jenis vitamin yang sebaiknya dikonsumsi.

Baca juga: Agar Melahirkan Bayi Cerdas, Lakukan Ini Saat Hamil

5. Menghentikan konsumsi obat-obatan

Seringkali, ketika merencanakan kehamilan, seseorang menghentikan konsumsi obat-obatan karena takut mengganggu janin di dalam kandungan. Tetapi, tak semua obat berbahaya bagi bayi. Malahan, menghentikan konsumsi obat tanpa konsultasi ke dokter bisa membahayakan ibu dan janin di kandungan. Misalnya, obat-obatan hipertensi atau depresi.

6. Berhenti bercinta

Meski terlihat sepele, tetapi ini harus diperhatikan. Ya, jika kamu pengin hamil, banyak-banyaklah berhubungan seks dengan pasangan. Semakin sering bercinta, semakin besar pula peluang untuk hamil.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro