Giving up doesn’t always mean you’re weak. Sometimes you’re just strong enough to let go.
Taylor Swift

Kecerdasan Anak Diwariskan Dari Ibu, Ini Alasannya

author
Isna Triyono
Rabu, 21 Agustus 2019 | 10:19 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ibu yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas. Kamu setuju?

Aktris Dian Sastro dan Tasya Kamila pernah berujar bahwa seorang perempuan harus punya pendidikan yang tinggi karena mereka akan membesarkan anak-anaknya kelak.

Hal itu tampaknya memang benar adanya. Di tangan seorang ibu, anak-anak bisa tumbuh jadi anak yang cerdas. Bukan hanya itu, gen kecerdasan juga ternyata diturunkan dari ibu.

Seperti hasil penelitian yang dipublikasikan di Psychology Spot yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar anak mewarisi tingkat kecerdasan dari ibu.

Baca juga: Bayi Kok Jerawatan? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pasalnya ibu memiliki dua kromosom X sementara ayah hanya punya satu kromosom X. Kromoson ini lah yang mempengaruhi fungsi kognitif anak.

Penelitian yang dilakukan oleh The Medical Research Council Social and Public Health Sciences Unit dengan cara melakukan wawancara pada 12.686 responden antara usia 14-22 tahun dari berbagai ras, pendidikan, dan status ekonomi diketahui bahwa tingkat IQ mereka yang tinggi terlahir dari ibu yang cerdas.

Baca juga: 4 Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya Untuk Bayi

Meski begitu, peran pola asuh anak dari orangtua dan lingkungannya juga tidak bisa dihilangkan untuk menstimulasi kercerdasan anak.

Jadi, meski anak terlahir biasa-biasa saja, jika mendapat stimulasi yang tepat serta nutrisi yang cukup tetap bisa menjadi anak cerdas.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono