Think like a queen. A queen is not afraid of fail. Failure is another stepping stone to greatness.
Oprah Winfrey

Sehat dan Mudah Dibuat, 6 Menu Sarapan ala Wanita Jepang

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 30 Agustus 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Sarapan penting agar kamu semangat beraktivitas seharian. Saat bosan dengan menu yang itu-itu saja, coba 6 menu sarapan sehat dan mudah dibuat ala wanita Jepang.

 

1.Tamago Kake Gohan

Menu nasi hangat yang dicampur sebutir telur mentah ini kaya protein, zat besi, vitamin dan karbohidrat untuk menambah energi.

Jika suka telur mentah utuh, bisa tuang langsung ke tengah nasi hangat. Jika mau lebih berbumbu, kocok telur dan campur shoyu sesuai selera, baru dituang ke tengah nasi lalu taburkan biji wijen.

Tamago kake gohan | SHUTTERSTOCK

2.Onigiri

Nasi kepal Jepang ini praktis dibuat dan mudah dimakan. Cocok disantap saat kamu terburu-buru atau buat bekal ke kantor.

Nasi kepal dilapisi selembar nori dan diisi dengan aneka protein, seperti salmon panggang, tuna, ayam, telur, kacang kedelai fermentasi.

Onigiri | SHUTTERSTOCK

Baca juga: Yuk, Bikin Tamago Isi Crabstick, Bisa Jadi Bekal Atau Camilan

3.Tamagoyaki

Telur dadar atau omelet ala Jepang yang digoreng selapis demi selapis di atas pan segi empat, lalu digulung dengan bantuan sumpit.

Menu ini banyak disukai karena bentuknya unik, rasanya enak dan bernutrisi. Tekstur telurnya lebih lembut karena dicampur dengan susu segar.

Tamagoyaki punya banyak variasi. Ada yang polos, ada juga yang dicampur potongan sayuran atau diberi unagi di tengah gulungan telur. Teman makannya bisa nasi hangat atau kentang tumbuk.

Tamagoyaki | SHUTTERSTOCK

 

Baca juga: Jadi Hangat Saat Hujan Dengan Sup Makaroni Bola Ikan

4.Sup Miso

Mau yang segar saat sarapan, bisa pilih menu sup miso. Terbuat dari air kaldu dashi, kacang kedelai, potongan tofu, wakame serta irisan daun bawang.

Jika mau lebih lengkap, semangkuk sup miso biasanya disantap dengan nasi, sepotong ikan panggang dan seporsi sayuran kukus yang rendah kalori dan kaya serat. Kelihatannya banyak, tetapi semua disajikan dalam porsi kecil untuk membantu mengontrol berat badan.

Sup Miso | SHUTTERSTOCK

5.Natto

Natto adalah kacang kedelai fermentasi. Cara mengonsumsinya, campur natto dengan shoyu lalu tambahkan nasi.

Baunya memang sedikit tajam, namun natto kaya protein nabati, rendah kolesterol, serta menjadi sumber vitamin dan serat yang baik bagi pencernaan.

Natto | SHUTTERSTOCK

6.Gyudon

Gyudon atau ramen termasuk salah satu menu favorit sarapan. Enggak heran banyak kedai gyudon buka sejak pagi.

Sajian gyudon terdiri dari nasi dan tumis irisan daging sapi kaya protein yang membantu kita berkonsentrasi saat bekerja dan meningkatkan kemampuan mengingat.

Gyudon | SHUTTERSTOCK

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi