Dress shabbily and they remember the dress, dress impeccably and they remember the woman.
Coco Chanel

Berat Badan Ideal Tanpa Diet? Bisa Dengan 10 Cara Ini!

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 29 Agustus 2019 | 18:00 WIB
Mencapai berat badan ideal | SHUTTERSTOCK

 

Asal konsisten dilakukan, berat badan ideal bisa didapat tanpa harus diet.

1.Stop makan sambil nonton TV

Orang yang makan sambil menonton TV, bermain smartphone atau gadget, atau bekerja di depan layar komputer cenderung untuk makan berlebih. Sialnya lagi, mereka akan lupa seberapa banyak yang sudah mereka makan. Hasilnya, asupan kalori berlebih dan memicu kegemukan.

2.Pakailah minyak esensial

Minyak esensial mengandung aroma yang cukup ampuh untuk menghentikan keinginan untuk makan. Kamu bisa coba menghirup grapefruit oil.

Baca juga: 10 Essential Oil untuk Kecantikan

3.Makan karena butuh

Percaya terhadap tubuh kita sendiri. Makanlah sesuai kebutuhan tubuh. Tanyakan, “Apakah aku benar-benar lapar, atau hanya kepengin saja?”

4.Tidur cukup

Kurang tidur cenderung membuat orang jadi gemuk. Tubuh memproduksi hormon ghrelin yang memberi sinyal kepada tubuh kapan saatnya makan. Nah, kurang tidur membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon ghrelin.

Baca juga: Mana Yang Lebih Baik, Tidur Kelaparan Atau Ngemil Dulu?

5.Berjalan kaki

Banyak trik agar kita mau berjalan kaki. Misalnya, parkirlah mobil jauh dari gedung lalu berjalanlah, abaikan lift, gunakan tangga, dan lain-lain. Selain sehat, berjalan kaki juga membuat berat badan lebih stabil.

6.Hindari stres

Stres meningkatkan produksi kortisol, hormon yang salah satunya memicu gula darah. Akibatnya, lemak lama-lama menumpuk, khususnya di perut.

7.Cukup minum

Cukup minum air putih adalah kunci menghindari munculnya tanda rasa lapar palsu. Dengan minum cukup air, orang cenderung akan merasa kenyang.

Baca juga: 8 Waktu Terbaik Minum Air Putih

8.Perawatan diri

Perawatan diri sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik, termasuk menyusun jadwal kegiatan, menyediakan waktu buat keluarga dan sahabat, atau me time berkualitas.

9.Aktivitas fisik menyenangkan

Tak harus lari di treadmill atau mengangkat berkilo barbel di gym. Carilah aktivitas fisik yang menyenangkan, misalnya menari atau berkebun.

10.Tak perlu pantang

Kecuali kamu sedang dalam perawatan medis, tak perlu memilah makanan ke dalam kategori “tidak sehat” dan “sehat.” Menghindari makanan, terutama makanan favorit, hanya akan membuat kita makin kepengin makan. Dan sekali pertahanan kamu jebol, kamu akan makan makin banyak. Kuncinya, jaga porsi makan.

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi