I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

Self-Check Wajib Bagi Perempuan

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 3 September 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Selain ke dokter, kamu sebaiknya juga melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan sendiri secara rutin. 

 

1. Cek payudara

Tes mamogram wajib bagi perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seks, tetapi tak cukup hanya itu. Cek sendiri payudara atau SADARI secara rutin untuk mengetahui jika ada sesuatu yang tak normal.

2. Cek kulit

Memeriksa sendiri kondisi kulit bisa mencegah kanker kulit, khususnya mereka yang memiliki tahi lalat, warna kulit cerah, atau memiliki riwayat keluarga dengan kanker. Permukaan kulit hitam dan kasar di bawah ketiak juga bisa menjadi pertanda diabetes.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi Pada Vagina Setelah Melahirkan 

3. Periksa gigi

Ini tak bisa dilakukan sendiri, jadi sebaiknya pergi ke dokter gigi paling tidak setahun sekali. Periksa gigi secara rutin akan membantu memastikan kesehatan gigi dan mulut.

4. Periksa kuku

Periksa apakah ada garis hitam pada bantalan kuku (nail bed). Tak hanya hitam, cek juga jika muncul garis berwarna kuning dan cokelat yang mengindikasikan adanya kerusakan sel atau juga melanoma.

| SHUTTERSTOCK
 

5. Cek mata

Pada usia 40 tahun, resiko berkembangnya masalah penglihatan akan meningkat. Jadi, tak ada salahnya rutin melakukan pemeriksaan mata setahun atau dua tahun sekali.

6. Cek denyut jantung

Untuk mencegah atau mengetahui apakah ada gangguan pada jantung, sebaiknya rutin melakukan cek denyut jantung. Selain masalah jantung, denyut jantung juga bisa membantu mengetahui jika terdapat masalah tiroid atau atrial fibrillation (denyut jantung tak normal).

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro