A woman is like a tea bag. You never know how strong it is until it’s in hot water.
Eleanor Roosevelt

Ini Yang Harus Ditanyakan Ke Dokter Usai Cek Darah

author
Hasto Prianggoro
Senin, 16 September 2019 | 14:04 WIB
| SHUTTERSTOCK

 Hasil cek atau pemeriksaan darah biasanya dilanjutkan konsultasi dengan dokter untuk membacakan hasil pemeriksaan. “Pemeriksaan darah adalah prosedur biasa. Lebih baik periksa atau cek lebih awal supaya jika ditemukan gangguan kesehatan bisa dilakukan penanganan atau pencegahan,” kata Dr. Karina K. Lee, spesialis penyakit dalam Princeton Medicine.

Misalnya, hasil pemeriksaan darah menunjukkan kadar kolesterol dalam darah mendekati atau melewati batas normal, bisa dilakukan perubahan gaya hidup supaya tak harus meminum obat. Tes darah juga sangat individual, sehingga dokter seringkali melakukan tes yang berbeda terhadap pasien yang berbeda, tergantung usia, riwayat keluarga, dan gejala yang muncul.

Nah, setelah hasil pemeriksaan keluar, ada 5 pertanyaan yang wajib kamu tanyakan ke dokter.

Baca juga: Desain iPhone 11 Memicu Trypophobia, Apa Maksudnya?

1. Apakah semuanya normal?

Tanyakan ke dokter segala hal tentang hasil pemeriksaan darah dan apa yang harus dilakukan. Dokter bisa saja menyarankan minum vitamin, memberikan resep obat-obatan, atau mengubah gaya hidup.

2. Apakah hasilnya sesuai dengan riwayat kesehatan keluarga?

Penting untuk membicarakan riwayat kesehatan keluarga dengan dokter. Jika dokter tahu penyakit atau tindakan operasi yang pernah dialami orangtua atau kakek, akan lebih mudah menganalisa hasil pemeriksaan darah dan memonitor apakah kamu punya resiko terhadap penyakit yang sama.

| SHUTTERSTOCK
3. Apakah hasil tes darah menjelaskan gejala?

Jangan pernah malu atau takut menanyakan ke dokter tentang gejala yang kamu rasakan, bahkan seandainya gejala itu bisa membuat malu. Misalnya gejala yang dirasakan pada area genital. “Pokoknya katakan saja semua yang dirasakan ke dokter supaya lebih mudah menganalisa,” kata Karina.

4. Apakah harus mengubah gaya hidup

Setelah hasil pemeriksaan darah keluar, dokter biasanya akan menyarankan untuk mempertahankan gaya hidup yang sudah baik atau memilih gaya hidup yang sehat.

5. Perlukah melanjutkan pemeriksaan?

Hasil pemeriksaan darah biasanya dilanjutkan dengan rekomendasi atau rujukan dari dokter, sesuai  hasil pemeriksaan. Apakah akan diikuti atau dilanjutkan dengan pemeriksaan lain, terserah pada pasien.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro