You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Bunda, Ini 4 Manfaat Menakjubkan Saat Memandikan Bayi

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 21 September 2019 | 11:04 WIB
Memandikan bayi | SHUTTERSTOCK

Mau memandikan bayi, tapi rasanya takut enggak bisa atau malah jatuh. Jangan khawatir Bunda, asal dilakukan perlahan dan hati-hati pasti bisa. Sebab tahukah bunda ternyata memandikan bayi banyak bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, lo.

Rasa takut karena baru pertama kali memegang bayi atau masih kelelahan setelah melahirkan membuat Bunda terkadang membutuhkan bantuan orang lain untuk menjaga mengurus bayi. Tidak apa-apa jika memang kondisi Bunda tidak memungkinkan.

Tetapi jika kondisi tubuh Bunda sudah cukup segar, tak ada salahnya lo langsung merawat bayi sendiri, termasuk memandikannya. Sebab ternyata memandikan bayi langsung oleh sang Bunda memiliki banyak manfaat.

Menurut psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, saat ditemui di acara peluncuran inovasi terbaru S-26 Procal Gold Kamis (19/9) lalu, banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan ibu kepada bayinya yang sebetulnya akan menjadi pengalaman yang berguna bagi tumbuh kembang anak kelak, misalnya menyuapi anak atau memandikannya.

“Penting bagi ibu memahami pentingnya 1000 hari pertama dalam kehidupan yang dimulai sejak kehamilan hingga usia anak 2 tahun, karena disitulah mulai proses tumbuh kembang tabung syaraf anak. Sehingga pada tahap itu orang tua harus aktif memberi stimuli dan nutrisi bagi anak. Dimulai dari hal-hal kecil dulu saja, misalnya memandikannya atau menyuapinya,” terang Rosdiana.

Apa saja sih manfaat yang Bunda dapatkan saat memandikan bayi Bunda?

1.Mempererat Bonding

Manfaat adanya skin to skin saat Bunda memandikan bayi bisa mempererat bonding antara keduanya.

2.Stimulasi Multi-Sensori

Saat Bunda menyentuh kulit bayi, mengajaknya berbicara, memandang matanya, lalu kulit bayi terkena air, bayi juga mencium aroma sabun, maka semua sensori akan terstimulasi dan terekam oleh anak. Kemampuan interasi sosialnya pun berkembang.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Memandikan Bayi

3.Perasaan Nyaman

Usapan, belaian, serta suara Bunda ternyata membuat bayi lebih nyaman saat mandi. Denyut jantung akan melambat sehingga otak dan tubuh bayi lebih rileks.

Kuncinya, Bunda jangan panik, ya. Pastikan suasana kamar mandi pun nyaman. Boleh juga bunda menyetel musik pelan agar bayi merasa lebih nyaman.

4.Pertumbuhan Sel Syaraf

Segala stimulasi yang didapat bayi saat mandi memberikan pengalaman baru yang ternyata berpengaruh pada pertumbuhan sel-sel syarafnya dengan lebih cepat dan baik. Misalnya, saraf vagus yang menghubungkan batang otak ke tubuh yang berfungsi untuk menelan/berbicara akan terangsang

5.Mengurangi Stres dan Tangisan

Saat bayi dimandikan bundanya, ia justru merasa senang, tangisan serta rasa stresnya berkurang. Lalu bagaimana jika bayi malah menangis saat dimandikan? Artinya ada yang kurang nyaman dia rasakan, misalnya suhu airnya kurang hangat, sabun bikin mata perih, merasa lapar, atau waktu tidurnya belum cukup. Jadi perlu persiapan juga waktu yang tepat untuk memandikan bayi, ya Bun.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi