Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

Dear Bumil, Ini Cara Alami Atasi Jerawat Saat Hamil

author
Isna Triyono
Senin, 23 September 2019 | 16:25 WIB
SHUTTERSTOCK |

Pernah dengar pregnancy glow? Itu lo kondisi ketika kita hamil, kulit dan wajah kita semakin terlihat bersih dan bercahaya.

Sayangnya, ada juga yang mengalami kebalikan dari pregnancy glow itu. Selama hamil, banyak tumbuh jerawat di wajah atau di punggung, kulit wajah dan leher menghitam.

Sementara untuk menggunakan obat kimia untuk mengatasi jerawat akan sangat berisiko bagi ibu hamil.

Pilihan yang bisa kamu lakukan adalah mengobati jerawat menggunakan bahan-bahan alami.

Baca juga: Waspadai, Ini 5 Tanda Preeklampsia

Berikut ini cara alami atasi jerawat saat hamil.

1. Baking Soda

Jerawat biasanya timbul akibat produksi minyak yang berlebih. Baking soda bisa membantu mengurangi minyak pada kulit. Caranya, sediakan satu sendok makan bakin soda dan satu sendok makan air. Campurkan lalu aplikasikan pada daerah yang berjerawat. Biarkan hingga kering kemudian cuci bersih.

2. Madu

Madu memiliki kandungan zat antiseptik dan antibakteri. Kamu bisa mengaplikasikan madu pada daerah yang berjerawat kemudian diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat hingga bersih.

Selain mengurangi jerawat, madu juga bisa mengencangkan wajah dan memberi efek menenangkan pada kulit.

3. Lemon

Kandungan asam alfa hidroksi pada lemon ampuh meredakan infeksi jerawat. Namun pada kulit sensitif, asam lemon ini bisa menimbulkan sensasi terbakar. Jadi sebelum mengaplikasikan air perasan lemon pada wajah, coba oleskan sedikit pada bagian leher.

Jika kamu tidak merasakan sensasi panas, kamu bisa mengaplikasikannya pada aera yang berjerawat lalu diamkan hingga kering. Kamu bisa membilasnya dengan air dingin hingga bresih.

Baca juga: Jangan Digaruk, Ini Cara Tepat Atasi Perut Gatal Saat Hamil!

4. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni memiliki kandungan zat antibakteri alami dan bisa membantu meredakan jerawat yang timbul. Oleskan minyak kelapa murni pada area berjerawat sebelum tidur. Kamu bisa membersihkannya keesokan pagi harinya.

5. Cuka Apel

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Lalu oleskan pada area berjerawat dan diamkan beberapa saat sebelum dibersihkan kembali dengan air dingin.

Cuka apel bisa menyegarkan kulit dan mencegah jerawat semakin meradang.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono