If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

7 Nutrisi Otak Anak, Ternyata Ikan Kembung Lebih Baik Dari Salmon

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 22 September 2019 | 14:00 WIB
Makanan nutrisi otak | SHUTTERSTOCK

Selain stimulasi, asupan nutrisi juga penting dalam perkembangan otak anak sejak tahap awal kehidupannya.

Bunda tentu ingin anak-anaknya tumbuh dan berkembang sehat dan cerdas. Salah satunya caranya  adalah dengan cukup stimulasi dan memberikan asupan bergizi seimbang.

Menurut Pakar Neurologi Anak, dr. Attila Dewanti Sp.A(K) saat ditemui dalam acara peluncuran inovasi terbaru S-26 Procal Gold, susu pertumbuhan dengan Multiexcel alpha-Lipids System, Kamis (19/9) lalu, “Saat anak-anak memperoleh pengalaman baru dan proses belajar, terjadi pembentukan sirkuit baru pada otak anak, sehingga luar sirkuit yang semula terbatas akan menjadi lebih luas. Asupan gizi yang tepat berguna untuk membentuk dan mematangkan sel-sel otak, sementara stimulasi yang cukup membentuk dan memperkaya jaringan koneksi antar sel.”

Soal asupan bergizi, enggak harus dengan memberikan bahan makanan yang mahal, kok, Bun. Misalnya yang banyak diketahui orang, ikan salmon sangat bagus untuk nutrisi otak anak, tetapi harganya kan memang cukup mahal.

Selain salmon, ada kok beberapa bahan makanan lain yang tak kalah bagus untuk menutrisi otak anak. Apa saja?

1.Gandum

Mengandung karbohidrat kompleks dan serat pangan yang baik untuk pencernaan, serta kandungan vitamin B yang meningkatkan kesehatan sistem saraf.

2.Susu

Mengandung asam linoleat dan asam linolenat yang berguna untuk pertumbuhan membran sel otak dan tidak dapat dibentuk oleh tubuh secara alami. Kandungan zat besinya juga mengoptimalkan metabolisme sel otak.

Baca juga: 8 Nutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

3.Kacang-kacangan

Mengandung karbohidrat kompleks, protein, mineral, vitamin antioksidan yang membantu kemampuan berpikir dan melindungi membran-membran sel saraf.

4.Bayam

Termasuk sayuran berdaun hijau lainnya kaya zat besi dan vitamin yang melindungi otak dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Ikan kembung | SHUTTERSTOCK

5.Ikan Kembung

Kabar baik buat Bunda, ternyata kandungan gizi ikan kembung lebih baik dari ikan salmon.  Harganya pun jauh lebih murah. Ikan kembung mengandung protein, omega 3, vitamin B12, D, B2, B6, iodine, selenium serta fosfor yang tinggi.

Kandungan omega3-nya diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan mata pada anak bahkan sejak bayi masih di dalam kandungan. Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 2,6 gram omega 3,  21,4 gram protein serta 0,9 miligram zat besi. Sementara pada salmon hanya terdapat 1,4 gram omega 3, 19,9 gram protein serta 0,77 miligram zat besi.

6.Telur

Telur mengandung kolin yang tinggi yang penting untuk pertumbuhan fungsi sinaps dan meningkatkan daya ingat. “Jika anak doyan telur, boleh saja diberikan setiap hari asal tidak alergi dan tetap dikombinasikan dengan lauk bergizi lainnya,” saran Attila.

Baca juga: French Scrambled Egg, Telur Orak-Arik Fluffy dan Superlembut

7.Buah Beri

Keluarga beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, blackberry serta termasuk juga buah-buah yang berwarna pekat lainnya, mengandung  antioksidan tinggi terutama vitamin C, asam lemak omega 3 yang bagus untuk fungsi otak.

Yuk, Bunda sajikan makanan bernutrisi agar pertumbuhan dan perkembangan otak anak berjalan optimal!

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi