It takes a great deal of courage to stand up to your enemies, but even more to stand up to your friends.
J.K. Rowling

Ini Lho, Tanda Tumbuh Kembang Anak Yang Sehat

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 29 September 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Bagaimana mengetahui anak dalam kondisi sehat dan tumbuh berkembang sesuai usianya? Nah, 7 indikasi berikut membantu mengenali tumbuh kembang anak yang sehat.

 

1. Berat badan normal

Berat badan menjadi salah satu indikasi kesehatan anak. Berat badan anak harus sesuai dengan usia dan tinggi badannya. Ini artinya anak dalam kondisi sehat dan mendapat cukup nutrisi sesuai yang ia butuhkan. Jika berat badan anak jauh di bawah atau di atas angka normal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

2. Aktif bergerak

Senang bermain dan aktif bergerak mengindikasikan bahwa anak dalam keadaan sehat. Yang harus diperhatikan orangtua, bergerak akan menguras cairan tubuh. Oleh karenanya jangan lupa untuk memberi anak cukup minum.

Baca juga: Bunda, Ini Lho, Tanda Si Kecil Dehidrasi

3. Cepat belajar

Anak yang bisa dengan cepat belajar sesuatu menunjukkan perkembangan otak dan penyerapan nutrisinya baik.

4. Nafsu makan baik

Anak yang sehat dan memiliki nafsu makan yang baik biasanya doyan makan berbagai jenis makanan, meskipun biasanya di usia batita anak lebih suka makanan yang memiliki bentuk  dan warna menarik. Jika anak cenderung pilih-pilih makanan dan hanya mau makan dalam jumlah kurang dari yang dibutuhkan, orangtua harus waspada dan sebaiknya menghubungi dokter.

| SHUTTERSTOCK
5. Gigi kuat dan bersih

Salah satu indikasi pertubuhan anak yang baik adalah giginya kuat dan bersih. Gigi yang kuat dan bersih menunjukkan bahwa nutrisi yang masuk ke tubuh tercukupi dan kesehatan giginya baik.

6. Postur tubuh seimbang

Postur tubuh yang baik dan seimbang akan menjadikan anak percaya diri dan menunjukkan bahwa anak cukup mendapat nutrisi yang membantu memperkuat tulang dan sistem muskuloskeletalnya. Anak yang tak mudah cedera akibat terjatuh juga mengindikasikan perkembangan tulangnya bagus.

7. Jadwal BAB teratur

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan anak. Kecukupan serat ditunjukkan salah satunya lewat jadwal buang air besar (BAB) yang teratur. Jadwal BAB  yang teratur ini juga menunjukkan bahwa sistem kekebalan anak dalam kondisi baik.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro