I think the girl who is able to earn her own living and pay her own way should be as happy as anybody on earth. The sense of independence and security is very sweet.
Susan B. Anthony

Berkaca Dari Kasus Irish Bella dan Amar Zoni, Ini yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Kembar

author
Isna Triyono
Senin, 7 Oktober 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Pesinetron Irish Bella dan Amar Zoni harus kehilangan bayi kembar mereka.

Bayi kembar Irish dan Amar meninggal dunia saat usia mereka masih 27 minggu dalam kandungan. Memang belum dipastikan apa yang menyebabkan bayi kembar itu lahir prematur dan meninggal dunia. Namun Irish memang sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan.

Dikutip dari Alodokter, kehamilan kembar bisa dikatakan sebagai kehamilan berisiko tinggi, karena risiko timbulnya komplikasi kehamulan lebih tinggi dibanding kehamilan tunggal.

Komplikasi yang sering dialami ibu hamil kembar antara lain diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, gangguan pada plasenta hingga preeklampsia.

Baca juga: Bumil Makan Nanas Bikin Keguguran? Dengar Dulu Penjelasan Ahlinya!

Berikut ini tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil anak kembar.

1. Asupan Gizi

Ibu hamil memerlukan 300 kalori per hari untuk pertumbuhan janin. Jika hamil bayi kembar, itu artinya memerlukan 600 kalori setiap hari untuk dua bayi.

Kamu bisa berkonsultasi pada dokter untuk panduan mencukupi asupan nutrisi dan kalori selama kehamilan.

2. Jaga Hidrasi Tubuh

Selain makan dengan gizi seimbang, ibu hamil bayi kembar juga harus selalu menjaga hidrasi tubuh dengan memperbanyak minum air putih dan juga jus buah. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, membuat ibu hamil bayi kembar lebih bugar dan tidak mudah lelah.

3. Rutin Olahraga

Olahraga selain membuat tubuh bugar, juga bisa menjaga mood ibu hamil bayi kembar lebih baik karena tubuh memproduksi hormon endorfin. Tapi sebelum melakukan olahraga, konsultasikan dulu pada dokter. Kamu juga bisa melihat referensi olahraga untuk ibu hamil bayi kembar di internet.

4. Istirahat yang Cukup

Ibu hamil bayi kembar biasanya akan merasa cepat lelah. Karena itu, sebaiknya sediakan waktu istirahat yang cukup dan kurangi aktivitas yang tidak perlu.

Baca juga: Bumil Makan Sushi Bisa Picu Kelainan Bayi, Hanya Mitos atau Fakta?

5. Kurangi Stres

Pikiran tentang risiko hamil anak kembar atau bagaimana repotnya mengurus bayi kembar, tentu akan membayangi begitu kamu mengetahui hamil bayi kembar. Namun kekhawatiran dan rasa cemas itu justru akan berdampak pada perkembangan bayi dalam janin.

Jadi sebaiknya nikmati proses kehamilan ini dan mintalah dukungan dari orang-orang di sekitar kamu.

6. Jauhi Asap Rokok

Hal ini sangat penting karena hamil bayi kembar membuat plasenta bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen untuk dua bayi dalam perut. Karena itu, jauhi asap rokok agar kesehatan janin juga lebih terjaga.

7. Rutin Periksa Kehamilan

Hamil dengan bayi kembar biasanya jadwal cek kehamilan pada dokter juga akan lebih sering. Agar meminimalkan risiko gangguan kehamilan, sebaiknya lakukan cek kehamilan secara rutin sesuai jadwal.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono