A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Tips Menyusui Saat Hamil

author
Isna Triyono
Kamis, 10 Oktober 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Idealnya bayi mendapat ASI hingga berusia 2 tahun.

Namun banyak yang mengalami, saat si sulung belum genap berusia 2 tahun dan masih menyusu, sang ibu kembali mengandung anak kedua.

Beberapa ibu ragu untuk tetap menyusui si sulung karena khawatir kualitas ASI menurun hingga bisa memicu terjadinya kontraksi.

Seperti yang dilansir dari alodokter, hamil sambil menyusui tetap aman bagi ibu dengan kehamilan sehat. Artinya tidak ada risiko atau masalah kesehatan sebelumnya.

Hamil sambil menyusui juga tidak akan mempengaruhi kehamilan atau menganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kakak maupun si Adik.

Baca juga: Kebutuhan Tidur Bayi Menurut Usia

Berikut ini tips menyusui saat hamil yang dikutip dari alodokter.

1. Konsultasi pada Dokter Pro ASI

Saat mengetahui hamil dan si Kakak masih menyusui, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang pro ASI. Hal ini penting agar kamu mendapat dukungan untuk terus menyusui. Dokter pro ASI juga biasanya akan memberikan tips dan saran agar hamil sambil menyusui berjalan lancar.

2. Makanan Bergizi

Hamil sambil menyusui itu artinya kamu perlu tambahan kalori, lebih banyak minum dan lebih banyak istirahat. Perhatikan asupan gizi seimbang dalam menu sehari-hari.

3. Kompres Air Dingin

Tantang bagi ibu hamil sambil menyusui biasanya sering merasa sakit atau lecet pada puting payudara. Jika kamu mengalami hal itu, kompres menggunakan air dingin atau oleskan pelembap yang aman bagi ibu hamil.

Baca juga: Tips Memilih Anting Untuk Bayi Perempuan

4. Posisi Duduk

Bagi ibu hamil, menyusui dengan posisi tidur menyamping bikin kurang nyaman dan cepat lelah. Sebaiknya pilih menyusui dengan posisi duduk. Kamu bisa atur posisi si Kakak saat sedang menyusui mengikuti posisi duduk kamu.

5. Jaga Emosi dan Mood

Seperti ibu hamil atau menyusui, kamu juga harus menjaga emosi dan mood. Mintalah dukungan dari orang-orang sekelilingmu agar kamu tak merasa sendirian.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono