I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Tips Memilih Anting Untuk Bayi Perempuan

author
Isna Triyono
Jumat, 27 September 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Enggak sabar untuk mendandani bayi perempuannya, beberapa ibu langsung memakaikan anting tak lama setelah dilahirkan.

Memakaikan anting pada bayi perempuan menjadi hal yang wajar dan sah-sah aja. Tapi saat memilih anting, harus diperhatikan dengan cermat dan teliti.

Agar anting tetap aman bagi bayi, yuk ketahui cara memilih anting untuk bayi.

Baca juga: Bisul Pada Bayi, Ini Cara Merawatnya

1. Anting Khusus Bayi

Saat datang ke toko anting, sebaiknya langsung beritahu pedagang bahwa kamu ingin membeli anting. Sehingga pilihan antingnya pun hanya sebatas anting khusus bayi yang biasanya lebih aman karena sudah banyak yang menggunakannya.

2. Bahan

Pilih anting dari bahan berkualitas. Misalnya yang terbuat dari emas karena minim risiko membuat kulit bayi jadi alergi.

3. Ukuran

Karena masih bayi, tentu enggak perlu memilih anting dengan ukuran yang besar atau berat. Jika memakai anting emas, maksimal berikan anting 2 gram. Sesuaikan aja dengan telinga bayi yang imut.

Baca juga: Bunda, Ini 4 Manfaat Menakjubkan Saat Memandikan Bayi

4. Sistem Pengait

Pilih anting yang sistem pengaitnya tidak mudah lepas dan aman untuk bayi. Atau jika pengaitnya tidak sengaja terbuka, tidak akan melukai telinga bayi.

5. Model yang Simple

Beberapa model anting khusus bayi yang terkenal adalah anting toge atau anting emas lingkaran (seperti cincin). Hindari memakaikan anting dengan model rumbai atau tambahan mutiara dan manik-manik karena berisiko terlepas dan termakan oleh bayi.

6. Periksa Berkala

Periksa anting secara berkala, mulai dari pengaitnya, kebersihannya hingga apakah menimbulkan ruam di sektar lobang anting.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono