Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Ini, lho, yang Bikin Cuaca Sangat Panas Beberapa Hari Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 24 Oktober 2019 | 17:00 WIB
Cuaca panas | SHUTTERSTOCK

Belakangan ini cuaca di Jakarta, juga beberapa wilayah lain di Indonesia, terasa sangat panas hingga 38 derajat Celsius. Sampai-sampai angin yang berembus pun terasa panas, bikin mager mau ke mana-mana. Kamu pasti merasakan juga, kan?

Sebetulnya apa, sih, penyebab cuaca super panas pada bulan Oktober yang biasanya sudah memasuki musim hujan? Keterangan dari BMKG, hal ini berkaitan dengan adanya gerak semu matahari.

Pada bulan September matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan bergerak terus ke belahan bumi Selatan hingga Desember 2019. Akibatnya, radiasi matahari ke arah permukaan bumi di sejumlah wilayah tersebut, termasuk Indonesia bagian selatan, menjadi lebih banyak dan meningkatkan suhu udara pada siang hari.

Cuaca yang sangat panas hingga mencapai 38 derajat Celsius ini diprediksi BMKG akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Tentu saja cuaca ekstrem ini juga patut diwaspadai bisa mengganggu kesehatan kita.  Jadi agar kita tetap bisa beraktivitas dengan nyaman, lakukan beberapa tips berikut ini:

1.Perbanyak Air Putih

Cuaca panas bikin tubuh cepat dehidrasi dan lemas. Hindari dengan memperbanyak air putih. Jika dianjurkan 8 gelas per hari, kamu bisa menambahnya menjadi 10 gelas per hari.

Baca juga: 8 Waktu Terbaik Minum Air Putih

2.Batasi Aktivitas Outdoor

Jika memungkinkan, batasi kegiatan kamu di luar ruangan, terutama bagi anak-anak.

| SHUTTERSTOCK

3.Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air, vitamin serta mineral yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dibikin smoothies atau mixed juice juga enak. Misalnya jus terong belanda campur jeruk sunkist, atau jus mangga stroberi. Suegerrr! 

Baca juga: Bunda, Ini Lho, Tanda Si Kecil Dehidrasi

4.Berendam

Panas bikin mager ke mana-mana? Hmm...sepertinya cukup di rumah dan sempatkan diri untuk mengompres wajah dengan air es atau berendam dengan air dingin ditemani novel favorit menarik dilakukan.

Baca juga: Sunscreen SPF Berapa yang Sebaiknya Dipakai?

5.Pelindung Kulit

Kulit perih atau terbakar terpapar sinar matahari bisa diatasi dengan mengoleskan sunscreen setiap dua jam dan memakai aksesori pelindung, seperti topi, payung, scarf, sunglasses.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi