What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Nasi Hainan Berasal Dari Pulau Ini, Bukan Singapura, Lho!

author
Marti
Kamis, 31 Oktober 2019 | 16:00 WIB
Hainan Chicken Rice berasal dari Pulau Hainan Di Selatan China. | SHUTTERSTOCK

 

Hainan Chicken Rice masuk jadi salah satu makanan nasional Singapura. Padahal, asal-mula makanan ini dari pulau Hainan di China. Ini cerita lengkapnya.

 

Pulau Hainan di China bagian selatan jadi asal mula ayam rebus dengan cita rasa khas yang kemudian dikenal dengan nama Hainan chicken rice. Penghuni pulau Hainan inilah yang kemudian jadi imigran ke seluruh pelosok Asia Tenggara.

Makan waktu 150 tahun proses migrasi penghuni pulau Hainan ini ke arah selatan. Di mana pun menetap, mereka berupaya menciptakan Hainan Chicken Rice dengan cita rasanya sedekat mungkin dengan aslinya.

 

Imigran dari pulau Hainan di China menyebar ke arah selatan sampai Singapura. | DOK. ENERGYINASIABLOG.COM

 

Di pulau Hainan sendiri, sajian Hainan Chicken Rice diadaptasi dari menu bernama Wen Chang Chicken. Ayam dimasak dengan air yang nyaris mendidih sehingga terjaga teksturnya yang lembut dan lunak.

Yang jadi kunci dari Wen Chang Chicken adalah penggunaan jenis ayam wen chang yaitu ayam yang berkeliaran bebas di Pulau Hainan dengan makanan utama kelapa yang jatuh dari pohon dan kulit kacang.

 

Proses perebusan ayam Wen Chang yang memastikan teksturnya lembut. | WIKIPEDIA

 

Mirip ayam kampung pada umumnya, ayam ini cenderung ramping dan tidak berlemak. Tapi ketika sudah dimasak, dagingnya yang empuk, kulit yang transparan dengan cita rasa yang sedikit manis di lidah.

Tapi karena ayam Wen Chang hanya ada di Pulau Hainan, menu Wen Chang Chicken pun cuma ada di sana. Hainan Chicken Rice yang ada di luar pulau Hainan tidak akan pernah menyamai Wen Chang Chicken yang asli.

Alhasil, Hainan Chicken Rice berkembang menurut wilayahnya. Area utama yang jadi penyebaran para imigran dari pulau Hainan adalah Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Bahkan di Indonesia pun banyak ditemui nasi hainan. Di masing-masih area ini, Hainan Chicken Rice membentuk identitasnya sendiri.

 

Klik di sini untuk tahu kenapa Hainan chicken rice jadi makanan nasional Singapura.

 

 

Penulis Marti
Editor Marti