Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Nggak Kalah Dari Chia Seed, Ini 7 Superfood Lokal Murah Kaya Manfaat

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 2 November 2019 | 13:00 WIB
Daun kelor | SHUTTERSTOCK

Superfood baik untuk kesehatan. Nggak perlu membeli yang mahal-mahal seperti chia seeds. Di sekitar kita banyak kok superfood lokal yang manfaatnya banyak harganya murah.

1.Biji Jali

Biasanya dimasak sebagai bubur atau campuran nasi. Kandungan seratnya tinggi dan membuat kenyang lebih lama, cocok banget buat kamu yang lagi diet. Selain itu zat beta-glukan pada biji jali bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2.Daun Kelor

Daun kelor (moringa) mengandung vitamin C, E, A, K, B kompleks, kalsium, fitonutrien, dan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang menurunkan daya tahan tubuh. Selain itu, ternyata minyak daun kelor mengandung kolagen empat kali lipat lebih banyak ketimbang wortel sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

3.Ciplukan

Buah khas Indonesia ini berwarna kuning, bulat, dan kecil. Meski kecil, ciplukan atau pichuberry mengandung kandungan vitamin C, D dan B12-nya cukup tinggi. Baik untuk kesehatan kulit, tulang, hingga memiliki sifat anti-kanker.

Baca juga: Bumil, yuk, Konsumsi 10 Superfood Ini Untuk Kesehatan!

4.Ubi Ungu

Mau punya kulit sehat? Kandungan vitamin C pada daging ubi ungu tidak mudah rusak karena terlindungi oleh pati. Nah, pati ini merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Kulitnya mengandung antosianin yang bisa menurunkan kadar gula darah dan baik untuk kesehatan jantung.

5.Sorgum

Nama lainnya adalah gandrung, cantel, orean atau jagung  cangkul. Mengandung vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, seng, tembaga yang membantu tubuh membangun jaringan dan sel baru. Serat dan antioksidannya juga tinggi

Baca juga: 5 Superfood Untuk Kesehatan Prostat

6.Sukun

Ternyata kandungan karbohidrat dalam sebuah sukun berukuran besar bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat 5 orang! Buah bernama lain breadfruit ini cocok menjadi sumber energi pilihan.

  1. Manggis

Mengandung polifenol canthones yang ampuh untuk mengobati keluhan kardiovaskular dan penyakit degeneratif. Katekin serta vitamin C dalam kulit dan daging buah manggis baik untuk kecantikan kulit, terutama mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, keriput, garis-garis halus, dan noda hitam.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi