It takes a great deal of courage to stand up to your enemies, but even more to stand up to your friends.
J.K. Rowling

Mau Bikin Jajanan Korea Dengan Saus Gochujang, Ini 7 Ide Resepnya

author
Marti, Semy
Minggu, 3 November 2019 | 11:06 WIB
Dakganjeong ala Korea | ROMY PALAR/COOKIN.ID

 

Saus gochujang gampang didapat di supermarket, terutama yang menjual bahan makanan khas Korea. Banyak jajanan ala Korea yang bisa kamu bikin dari saus gochujang ini. Resep detail dan beberapa videonya bisa dilihat di sini.

 

1. Cumi Bakar Saus Korea

 

Jajanan ini cocok buat barbekyuan. Bikinnya praktis banget. Setelah proses rendam standar dengan garam dan air jeruk, oleskan saus yang dibuat dari saus gochujang, saus tomat, saus tiram, madu dan air jeruk lemon.

Proses manggangnya sendiri nggak perlu lama-lama. Cukup satu menit di tiap sisi. Setelah matang, sajikan bersama saus olesan tadi lagi. Nah, resep detailnya ada di sini ya.

 

2. Sate Udang Korea

 

Bumbu sate udang Korea ini nggak jauh beda dari cumi bakar saus korea di atas. Cuma metodenya yang sedikit beda.

Saus dimasak dulu sampai meletup-letup, barulah udang bersama tteokbokki masuk. Baru deh keduanya ditusukkan ke tusuk sate secara bergantian. Resep detailnya ada di sini ya.

 

3. Sate Ayam Pedas ala Korea

Sate Ayam Pedas Ala Korea | ROMY PALAR/COOKIN.ID

 

Butuh satu jam merendam potongan daging ayam fillet dalam bumbu supaya meresap. Setelah itu, semuanya dimasak bersama sampai kuahnya mengering. Barulah ditusukkan ke tusuk sate.

Ingin tahu pakai bumbu apa aja? Simak detail resepnya di sini.

 

4. Dakganjeong

 

Rasa yang dominan di dakganjeong ini adalah asam, manis dan pedas. Gunakan potongan paha ayam yang masih lengkap dengan tulangnya.

Ada dua tahap memasak. Pertama ayam yang sudah dibumbui digoreng. Yang kedua, saus dimasak lalu ayam dimasukkan ke dalamnya. Jadilah dakgaenjong yang berbalut saus, lengkap dengan kacang tanahnya yang khas.

Mungkin terdengar agak ribet, tapi hasilnya worth it kok. Simak resep lengkapnya di sini.

 

5. Ceker Ayam Saus Gochujang

Ceker Ayam Saus Gochujang | ROMY PALAR/COOKIN.ID

 

Ceker ayam ada di daftar berikut yang enak dibalut saus gochujang. Nggak jauh beda dari cara mengolah ceker pada umumnya, cuma ditambahkan gochujang pada kuah sebelum ceker dimasak sampai kering.

Resep lengkapnya bisa dilihat di sini.

 

6. Korean Satay

 

Nah, kalau yang ini bisa dibilang agak unik. Sate dibuat selang-seling dari ketan yang digoreng dan sosis. Barulah dimasak bersama dalam saus. Tambahan keju bikin saus ini jadi makin enak.

Mau tahu resep lengkapnya? Bisa diklik di sini.

 

7. Korean Noodle

 

Saus gochujang juga enak ditambahkan dalam masakan mi instan Korea. Tambahkan juga tteokbokki dan odeng, dijamin olahan mi instan jafi terasa lebih mewah, nih.

Resep lengkap Korean noodle ada di sini ya.

 

Banyak, kan, pilihan jajanan ala Korea yang bisa kamu tambahkan saus gochujang! Siap bikin?

 

Simak juga:

 

Penulis Marti, Semy
Editor Marti